Anggota Dewan Sebut Ada Berbagai Kendala di Sektor Pertanian

AHMAD/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan menertibkan kegiatan eksploitasi galian C di Sungai Seruyan yang tidak memiliki izin resmi.

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Bejo Riyanto mengungkapkan bahwa saat ini masih ada beberapa kendala sektor pertanian Seruyan yang harus diselesaikan.

“Dari hasil evaluasi kita, ada beberapa kendala yang dihadapi sektor pertanian di Seruyan dan kendala ini harus dibenahi jika ingin sektor tersebut bisa lebih berkembang,” katanya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Masalah pertama yakni kendala pada ketersediaan infrastruktur. “Terbatasnya ketersediaan infrastruktur pendukung disektor tersebut, sarana prasarana lahan maupun sistem perairan, ini yang memang kerap kali disampaikan masyarakat setiap kali kita melakukan kunjungan ke desa-desa,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, masih belum optimalnya sistem pembenihan dan pembibitan sehingga tidak mampu menghasilkan jumlah produksi seperti apa yang diharapkan.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Dan untuk masalah pangan sendiri yang memang berkaitan erat dengan pertanian yakni belum adanya upaya pemerataan pemanfaatan hasil produksi pangan pada musim panen. Pemasaran hasil panen, rendahnya pengawasan panen yang beredar sampai dengan belum adanya sinergitas peran sektor dalam hal itu serta penyuluhan pertanian yang belum optimal,” jelasnya.