Persiapan Yang Harus Dilakukan Perusahaan di Era Transformasi Digital

Ilustrasi (Pexels)

JAKARTA – Dalam rangka mempertahankan eksistensi dan juga kemampuan perusahaan untuk bersaing, sebuah perusahaan kini dituntut untuk melakukan transformasi digital untuk menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Transformasi digital adalah proses berubahnya sistem di sebuah perusahaan baik secara internal maupun secara layanan yang diberikan kepada konsumen dengan memanfaatkan teknologi digital, guna mencapai kualitas pelayanan yang lebih efektif dan juga efisien.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama Universitas Telkom dalam keterangannya dikutip Selasa 5 April 2022 menjelaskan bahwa ada beberapa poin esensial dan menjadi dasar dari perubahan perusahaan secara digital, antara lain adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang harus mampu bersaing dengan memiliki skill set yang kuat di bidang teknologi informasi digital.

Perusahaan juga harus mampu mendorong SDM-nya untuk memiliki skill ini dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan pengembangan SDM secara menyeluruh. Lalu, selanjutnya adalah untuk menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat, dengan demikian SDM bisa memberikan potensi terbaiknya bagi perusahaan.

“Peningkatan kemampuan individu menjadi jauh lebih penting, guna mendorong transformasi digital di perusahaan. Pelatihan-pelatihan terkait dengan teknologi digital juga bisa diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan seperti Universitas terhadap para karyawan,” kata Rina.

SDM yang memiliki skill tepat dapat membantu akselerasi perusahaan dalam menjawab tantangan pasar untuk layanan dan produk yang lebih efektif dan efisien. “Sehingga, mempersiapkan SDM yang tepat dapat membantu mempercepat proses transformasi digital. Selain daripada pengembangan sumber daya yang lainnya seperti teknologi, investasi, serta regenerasi lainnya.”

Pengembangan SDM merupakan poin yang paling esensial dan memang ada risiko-risiko yang mungkin terjadi, terutama terhadap para SDM yang tidak sesuai lagi dengan visi dan misi perusahaan yang hendak bertransformasi secara digital, namun ini adalah solusi. Perusahaan juga banyak menerima lulusan baru yang walaupun minim pengalaman, namun sudah memiliki skill set yang memang dibutuhkan oleh perusahaan dalam bertransformasi secara digital.

ANTARA