Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Tersisa 257 Orang

Infografis perkembangan kasus COVID-19 Provinsi Kaltim. ANTARA/Arumanto

SAMARINDA – Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur terus mengalami grafik penurunan, berdasarkan data Satgas COVID-19 setempat pada Sabtu, 9 April 2022, pasien positif yang masih menjalani perawatan hanya tersisa 257 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan sebaran pasien positif tersebut terbanyak berada di Kutai Barat dan Balikpapan dengan jumlah pasien positif 61 orang.

Sedangkan jumlah pasien positif terendah berada di Samarinda 3 orang dan Mahakam Ulu 9 orang.

“Untuk status hanya dua wilayah yakni Balikpapan dan Kutai Barat yang masih bertahan di zona merah COVID-19,” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Sabtu 9 April 2022.

Sedangkan satu wilayah berada di zona oranye yakni Bontang, sementara tujuh wilayah Kaltim lainnya diantaranya Samarinda, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, Paser dan Penajam Paser Utara berada di zona kuning.

Andi mengungkapkan pada update kasus harian telah terjadi penambahan sebanyak 39 orang dinyatakan sembuh, tujuh orang terkonfirmasi positif dan kasus meninggal dunia tidak ditemukan kasus baru.

Secara akumulasi, Andi menyebutkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 206.041 kasus, dinyatakan sembuh sebanyak 200.089 kasus dan meninggal dunia sebanyak 5.695 kasus.

“Kami sangat bersyukur pergerakan kasus terus mengalami penurunan dan saat ini pasien positif yang dirawat juga tinggal sedikit yakni dalam angka dua ratusan orang,” kata Andi.

Meski terus mengalami grafik penurunan, Andi tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan, sebab penyebaran virus masih berlangsung, terlebih telah adanya informasi varian baru yang muncul di sejumlah Negara di dunia.

“Harus tetap waspada dengan terus melaksanakan prokes, khususnya penggunaan masker dan menghindari keramaian,” pesan Andi Muhammad Ishak. (Antara/beritasampit.co.id).