Profesor Syarifudin Minta IKA UII Kaltim Turut Bangun IKN

Ketua DPW IKA UII Kaltim Fitiriansyah (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua DPP IKA UII Profesor Syarifudin setelah pelantikan pengurus DPW IKA UII Kaltim di Samarinda, Senin malam (25/4) (ANTARA / M Ghofar)

SAMARINDA – Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Pusat Profesor Syarifudin menyarankan pengurus IKA UII Provinsi Kaltim turut berkontribusi membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, karena lokasi IKN ada di provinsi ini.

“Cara yang bisa dilakukan oleh pengurus IKA UII Kaltim untuk berperan aktif membangun IKN adalah menjalin komunikasi dengan pemerintah setempat,” ujarnya ditemui setelah melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IKA UII Provinsi Kaltim periode 2022-2027 di Samarinda, Senin 25 April 2022 malam.

Syarifudin yang juga Ketua Mahkamah Agung ini melanjutkan cara efektif dalam melancarkan berbagai urusan adalah membangun komunikasi, sehingga komunikasi dengan berbagai pihak harus terus dilakukan oleh IKA UII Kaltim, termasuk komunikasi dengan pengurus di daerah-daerah hingga pengurus pusat.

Ia juga bercerita bahwa sebelum pelantikan ini, ia menyempatkan diri mengunjungi kawasan IKN Nusantara yang ditetapkan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Saya tadi juga sempat diledeki pak gubernur (Gubernur Kaltim Isran Noor) yang setengah bertanya, bapak orang daerah ya?, saya sempat bingung, tapi kemudian saya pikir, benar juga ya, kan nantinya IKN ada di sini (Kaltim),” ujarnya.

Syarif, panggilan akrabnya di kalangan IKA UII ini juga mengajak semua pengurus dan anggota IKA UII Kaltim selalu tampil terdepan dalam berbuat kebaikan, menggelar kegiatan rutin yang bermanfaat bagi publik, melakukan bakti sosial, gerak cepat membantu ketika ada musibah, dan rutin melakukan kegiatan ilmiah.

“Kegiatan positif selalu kita lakukan selama ini dengan membantu saudara-saudara kita yang dilanda musibah, seperti banjir di sejumlah daerah, termasuk korban gempa, bahkan kita juga telah melakukan gerakan menanam sejuta pohon secara nasional. Kegiatan positif seperti ini harus terus lakukan,” ujarnya.

Sementara Fitiriansyah, Ketua Umum DPW IKA UII Kaltim yang baru dilantik, mengaku salut atas gerak cepat pengurus pusat dalam melantik kepengurusan DPW IKA UII Kaltim. (Antara/beritasampit.co.id).