Bukit Batu Objek Wisata Andalan di Katingan

Wisata Bukit Batu

KASONGAN – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan Risnaduar melalui Selretaris, Ramang berharap pandemi Covid-19 di daerahnya dapat terus melandai.

Sehingga diharapkan pada hari-hari libur besar tempat-tempat wisata di daerahnya ramai dikunjungi warga.

“Kasus Covid-19 ini terus melandai, sektor wisata juga mulai mengalami tren yang membagus setelah obyek wisata ada kelonggaran bisa dikunjungi masyarakat dengan normal,” tuturnya. Selasa 5 Juli 2022.

Di sisi lain kunjungan masyarakat disejumlah tempat wisata itu akan meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD.

Sejauh ini obyek wisata andalan di Katingan baru ada satu yakni Bukit Batu di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir. Obyek wisata Bukit Batu sejauh ini sudah dikenal masyarakat luas baik lokal, regional maupun mancanegara.

Bukit Batu ini adalah bekas pertapaan pahlawan nasional pada masa penjajahan yang juga Gubernur pertama Kalteng, Tjilik Riwut. “Bukit Batu selama ini andalan mencari PAD di Katingan,” sebutnya.

Sebetulnya masih banyak obyek wisata menarik lainnya di Katingan, namun sebagian belum digarap dengan maksimal. Dia menggambarkan misalnya di wilayah Kecamatan Katingan Tengah ada Danau Mare di Kamipang ada Danau Bulat dan Punggu Alas.

Belum lagi obyek wisata di wilayah Kota Kasongan yang dikelola pihak Dinas Lingkungan Hidup seperti Taman Hijau, Taman Religi dan Taman RTH.

(Kawit)