Begini Komentar APKLI Soal Pemindahan Lokasi Pedagang di Pasar Besar Palangka Raya

IM/BERITA SAMPIT - Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima, Edy Rustian.

PALANGKA RAYA – Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Edy Rustian mengomentari kebijakan Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terkait memindahkan lokasi para pedagang di pasar besar kota cantik itu.

Kepada beritasampit.co.id, Edy menyampaikan bahwa kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini pasti sudah mengkaji hal-hal yang menurut pemerintah urgent untuk dilakukan.

“Kami memahami bahwa apa yang dilakukan Pemerintah berkaitan dengan pemindahan itu tentu ada dampaknya bagi para pedagang, tetapi jauh di atas itu tentu ada sebuah keinginan yang lebih besar dari Pemerintah situasi hadirnya kondisi pasar yang nyaman, bersih, rapi dan tertib,” katanya, Kamis 7 Juli 2022.

Edy menilai dengan adanya lingkungan yang bersih dan tertata rapi jelas akan berdampak secara langsung terhadap naiknya jumlah pengunjung di pasar besar Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Pemprov Gelar Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintah di Daerah untuk Menyinkronkan Program

Upaya penataan pasar itu juga dinilai adalah bagian dari upaya Pemerintah agar pasar terlihat bagus, sehingga harapannya saat masyarakat datang berbelanja merasa nyaman saat keluar masuk.

“Nah, apakah kemudian ada dampak negatifnya mungkin dari sisi pedagang ada. Karena yang biasanya mereka berjualan di situ konsumennya atau pelanggannya tahu dia ada di situ kemudian bergeser tempat tapi, itu sifatnya hanya sementara ada hal yang lebih besar yang lebih panjang,” tuturnya.

Disamping memindahkan posisi atau lokasi berjualan bagi para pedagang, Edy menegaskan bahwa pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan kepada para pedagang termasuk juga kepada para pembeli bahwa lokasi pasar akan diubah tempatnya.

BACA JUGA:   THM Diminta Patuhi Jam Operasional Ramadan demi Menjaga Ketenangan Masyarakat

“Dalam hal ini pemerintah dengan semua perangkatnya harus mampu membantu para pedagang untuk menyampaikan kepada masyarakat atau pembeli terkait pemindahan itu, sehingga mereka pun bisa tahu dan paham,” tandasnya.

Ia berharap dengan relokasi para pedagang ke tempat baru yang dilakukan saat ini tidak berdampak secara signifikan atau bisa dibilang menurunkan tingkat penghasilan para pedagang.

“Pemerintah juga harus hadir memberikan solusi yang konkret bagi para pedagang, nanti saya harapkan para pedagang bisa mendukung pemerintah Kota caranya bagaimana. Yakni menjaga sarana dan prasarana yang telah disediakan,” demikian Edy Rustian. (im/beritasampit.co.id).