Rizky Aditya Putra: Pemkab Kobar Harus Lebih Jeli Menggali PAD

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Rizky Adtya Putra

PANGKALAN BUN – Sejumlah kalangan masyarakat ada yang mengatakan beberapa dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat tampak belum banyak menggali program-program baru, tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal tersebut mendapat perhatian cukup serius dari Rizky Aditya Putra Anggota DPRD Kotawaringin Barat. Kata Dia, DPRD Kobar selama ini terus mendorong peningkatan PAD Kobar sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan daerah.

“Di tahun 2023 nanti Pemkab Kobar harus lebih jeli dalam menggali PAD. Mengingat masih banyak PAD yang bisa didapat dari berbagai sektor, termasuk jalin kerjasama dengan pihak ketiga seperti perusahaan besar swasta (PBS),” kata Rizky Aditya Putra, Kamis 7 Juli 2022.

Menurut Rizky, Kabupaten Kobar memiliki banyak PBS bahkan saat ini banyak perusahaan baru yang siap menanamkan invesnya di Kabupaten Kobar, dan mereka butuh pelayanan yang lebih dekat dari Pemerintah Daerah.

“Selain harus lebih jeli menggali program baru untuk peningkatkan PAD, pemerintah daerah juga harus lebih meningkatkan pelayanannya. Baik itu untuk urusan perizinan dan pembayaran pajak serta lainya, khususnya juga meningkatkan kerjasama,” ujar Rizky.

Dijelaskannya, bahwa pemerintah daerah kerjasama dengan perusahaan dimaksudkan agar pelayanan semakin dekat dengan masyarakat khususnya para pelaku usaha. Termasuk mereka yang bekerja di perusahaan juga bisa membayar pajak dengan tepat waktu.

“Jadi di Kobar dengan puluhan PBS ini dengan jumlah karyawan yang sangat banyak. Maka kedepanya bisa digilir satu persatu agar rata,” ujarnya.

Politisi Gerindra menilai, bahwa cara tersebut mampu mendongkrak pendapatan daerah. Karena dalam satu pelayanan itu bisa mengakomodir berbagai macam pajak, mulai dari kendaraan, PBB dan lainnya.

“Maka kami mendorong agar Bapenda dan instansi lainnya bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan terlebih dahulu. Soal pelayanan di perusahaan itu tinggal mengaturnya setelah ada kejelasan kerjasama, dan salah satu alternative yang terbaik untuk meningkatkan kerjasama harus saling terbuka,” imbuh Rizky. (Man/beritasampit.co.id).