Disdikpora Gunung Mas Akan Gelar Pelatihan untuk Guru BK

M.SLH/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas, Esra.

KUALA KURUN – Dalam waktu dekat, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) akan melakukan pelatihan kepada guru BK.

Dimana, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas, melalui telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Universitas Kristen Maranatha Bandung.

“Secepatnya kita akan melakukan pelatihan pada guru BK terkait bimbingan konseling, manajemen kelas, kualitas pembelajaran dan bagaimana menangani anak-anak yang bermasalah,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas, Esra belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakannya, adanya pelatihan para guru terkait bimbingan konseling tersebut, berdasarkan asesmen tahun 2021 dari warga sekolah, bahwa anak-anak perlu waspada terhadap pergaulan menyimpang seperti narkoba, pergaulan bebas, kekerasan dan lainnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Tingkatkan Produksi Sektor Pertanian melalui Program Kemitraan

“Dengan adanya pelatihan untuk guru BK ini diharapkan para peserta didik bisa mendapatkan bimbingan konseling dan menghindari pergaulan yang menyimpang,” tuturnya.

Dijelaskannya, para guru BK ini bisa sesering mungkin berkomunikasi dengan peserta didik tidak hanya saat ada masalah saja. Sehingga jika sering berkomunikasi, seorang guru akan tahu apa yang dibutuhkan oleh siswa guna mencegah perilaku menyimpang dari peserta didiknya.

“Untuk hal itu, kita bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, dan dalam waktu dekat ini semoga pihak Universitas Kristen Maranatha sudah bisa mengirimkan draft kesepakatan itu,” ujar Esra.

Esra mengatakan sebagai permulaan yang akan diberi pelatihan yakni guru BK di Kecamatan Kurun, Tewah dan Sepang secara daring dengan pihak Universitas Kristen Maranatha. Selanjutnya pihaknya akan memilih guru-guru BK dari pelatihan tersebut untuk menjadi pembicara terkait bimbingan konseling pada guru-guru lain.

BACA JUGA:   Pendataan Penduduk Untuk Meningkatkan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat

Diman iapun tidak menyebutkan kapan akan dilaksanakannya pelatihan tersebut namun segera akan dilaksanakan. Dimana pelatihan tersebut tidak hanya terkait bimbingan konseling, rencananya juga akan digelar pelatihan untuk para guru terkait penggunaan IT agar mereka bisa terus mengembangkan dirinya.

“Harapannya guru-guru di Kabupaten Gunung Mas bisa merubah pola pikir demi pendidikan di wilayah setempat yang lebih baik dan maju,” tukas Esra.

Selain itu, tindak lanjut dari MoU dengan Universitas Kristen Maranatha yakni, pihaknya akan memfasilitasi bagi siapa saja anak muda yang akan meneruskan kuliahnya ke Universitas tersebut. (M.Slh).