Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Wisata Pendakian

Wisata pendakian Bukit Baka Bukit Raya di Katingan

KASONGAN – Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 7 bukit tertinggi di Indonesia. dan merupakan bukit tertinggi di wilayah pulau kalimantan dan sangat recomended untuk bagi para pecinta wisata pendakian.

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah merupakan bukit yang masih asri dilindungi Negara. Berbagai flora dan fauna disana dan dijadikan Objek wisata penelitian. Selain Wisata Flora dan Fauna terdapat berbagai macam wisata seperti wisata sungai, Wisata Air terjun dan sebagainya.

Lokasi Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya berada diwilayah perbatasan dua provinsi dan tiga kabupaten yaitu Provinsi Kalimantan Barat dengan wilayah di dua kabupaten yaitu Sintang dan Melawi. sedangkan Provinsi Kalimantan Tengah dengan satu kabupaten yaitu Katingan.

Jalur Transportasi menuju Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya jalur dari Provinsi Kalimantan Tengah

Ibukota Kalimantan Tengah Palangkaraya – Kasongan – Tumbang Habangoi

Dari Palangkaraya menuju Tumbang Habangoi ditempuh dengan jarak sekitar 277 Km atau waktu tempuh sekitar 6 jam lebih memakai jasa mobil travel yang telah disediakan. Namun sebelum menuju ke Desa Tumbangoi, anda harus singgah di Kasongan untuk mengurus SIMAKSI di kantor SPTN wilayah II Kasongan.

Kemudian Desa Tumbang Habangoi – Pintu Masuk Jalur Pendakian Bukit Raya

Setelah sampai di Desa Tumbang Habangoi,  perjalanan dilanjutkan ke lokasi  camping ground Dahie bisa dilalui dengan jalan darat dan air.

Jalur darat atau jalur dekat memakai mobil dari Desa Tumbang Habangoi menuju ke titik pemberhentian dengan lama waktu sekitar 1 jam, lalu dilanjutkan berjalan kaki sekitar  4 sampai 5 jam terantung fisik anda menuju camping ground Dahie.

Untuk jalan air menggunakan perahu yang dinamakan perahu ces, Satu perahu ces hanya bisa memuat 4 orang yang isinya dua orang motoris sekaligus porter dan dua orang penumpang/turis/pendaki dengan lama waktu perjalanan  selama 2 hari. Waw…lama sekali.

Dalam perjalanan anda jangan hawatir kelaparan. Di pinggir -pinggir sungai tersedia  menu makanan dan untuk keperluan mandi , MCK dan bermalam. Dari camping ground Dahie, perjalanan selanjutnya berjalan kaki menuju Puncak Bukit Raya.

Fasilitas apa saja di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya jalur Kalimantan Tengah ?

Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terdapat :

– Porter yang berasal dari masyarakat Desa Tumbang Habangoi.
– Transportasi perahu ces dari masyarakat Desa Tumbang Habangoi.
– Mess desa yang dikelola oleh desa

Apa saja yang menarik di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ?
Wisata Pendakian

Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Wisata andalannya adalah Wisata Pendakian yang dikhususkan untuk para pecinta pendaki di seluruh Indonesia.  Bukit raya menjadi salah satu bukit tujuan para pendaki yang ingin meraih predikat 7 Puncak di Indonesia.

Wisata Flora dan Fauna

Flora
Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terdapat berbagai tumbuhan langka seperti Bunga bangkai, raflesia, Bugai Kelelawar Kalimantan, Kantong Semar dan masih banyak lagi. Biasa dijadikan sebagai objek penelitian oleh para mahasiswa.

Fauna
Terdapat hewan – hewan yang dilindungi di Hutan ini seperti burung enggang yang sudah sangat jarang dijumpai di Pulau Kalimantan, Orang utan, Owa Kalimantan, Kelasi, Tarsius, dan masih banyak lagi.

Sebelum meuju ke Puncak Bukit,  ada adat dan istiadat yang harus anda penuhi. Biasanya Tokoh adat disana memberikan ritual khusus dinamakan “nyukuih hajat”. Ritual ini membutuhkan seekor ayam untuk disembelih sambil membacakan Doa dan Mantera dimaksudkan agar para pendaki bukit dilancarkan perjalanan dan tidak ada gangguan selama perjalanan.