Lewat Kota Kasongan, Jangan Lupa Mampir ke Wisata Bukit Batu

Pengunjung menikmasi keindahan ekowisata Bukit Batu dengan memanjak bukit-bukit yang tersusun rapi.

KASONGAN – Salah satu tempat ekowisata yang patut dikujungi di Kabupaten Katingan adalah Objek Wisata Bukit Batu yang tidak jauh dari Kota Kasongan kurang lebih 11 Km mudah dijangkau bagi siapa saja yang ingin berkunjung melalui jalan darat dan dapat di lalui oleh kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Objek Wisata Bukit Batu oleh warga masyarakat sekitarnya (Kasongan) Ibukota Kabupaten Katingan telah dikenal sejak lama, dan merupakan salah satu wisata yang sering dikunjungi karena indah dan menarik di wilayah Kabupaten Katingan dan terdapat tempat pertapaan Bapak Tjilik Riwut.

Objek Wisata Bukit Batu terdapat fasilitas pendukung seperti bangunan Guest House, panggung, Gazebo, ruko berjualan dan Betang. Dari atas Objek Wisata Bukit Batu pengunjung dapat melihat Kebun Raya yang menakjubkan dan berada di bawah pengelolaan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Katingan.

Selama menyusuri jalan menuju Objek Wisata Bukit Batu dikiri dan kanan pengunjung dapat menikmati indahnya pepohonan hijau yang rindang dan merasakan udara yang sejuk, serta terdapatnya perkampungan dikiri dan kanan jalan.

Para pengjunjung dapat menikmati pemandangan, panorama alam sekitar serta merasakan ketenangan untuk melepas segala rasa lelah yang dirasakan selama perjalanan, akan terbayar dengan kesegaran dan pemandangan di sekitar Objek Wisata Bukit Batu dan terdapat pendamping dari pemandu wisata yang merupakan wahana aktifitas wisata yang dilakukan di Objek Wisata Bukit Batu.

Pengunjung dapat menikmati alam dan hamparan vegetasi yang khas yaitu pemandangan Kebun Raya yang dekat Objek Wisata Bukit Batu dan tersedia tempat untuk beristirahat (Guest House) dan ruko berjualan yang dapat dipergunakan pengunjung untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan yang khas untuk menghilangkan rasa lelah.

Panorama alam yang cantik, bentangan pemandangan Kebun Raya yang hijau, Pastikan anda keluarga anda untuk berkunjung di Objek Wisata Bukit Batu dan jadikan objek wisata milik kita bersama.

Sungguh keindahan yang luar biasa ketika melihat, telaga, bebatuan dan pohon yang ada di Objek Wisata Bukit Batu ketika melihat tumpukan batu yang saling bertumpuk dan memiliki nama-nama dan keistimewaan masing-masing yang oleh Tjilik Riwut sangat berguna bagi kelangsungannya berhubungan dan berkomunikasi dengan alam gaib.

Diantaranya Telaga Bawi Kameloh adalah tempat mandi Bawi Kameloh yang airnya tidak pernah kering walau pun pada musim kemarau; Batu Banama, merupakan pintu gerbang untuk masuk ke lingkungan Bukit Batu;

Kemudian Batu Keramat, mempunyai hubungan erat dengan riwayat hidup Pahlawan Nasional Tjilik Riwut dan Suku Dayak Kalteng; Batu Sial, konon tempat orang membuang sial dengan cara menaikinya atau beniat menaiki batu ini; Batu Dewa, di diami Roh Khayangan Tingkat Tinggi, jika kita berniat baik memohon sesuatu dan bisa menaiki batu ini niscaya akan terwujud;

Batu Penyang, berfungsi sebagai meminta penganggan kekuatan mental spiritual dan keberanian dalam menghadapi masalah/musuh disepanjang kita menyakini dan berniat baik;
Batu Darung Bawan, adalah orang yang paling gagah berani membela kebenaran dan setingkat dengan Bandar Rambang termasunk orang gaib sebagai penghuni dari Bukit Batu Manuah;

Batu teras Pambelum, berkhasiat untuk manenung/meramal nasib manusia;
Batu Gaib/Bertapa, ini didiami oleh roh gaib yang suka menolong manusia dalam bentuk wahyu dan memberikan barang pusaka;

Batu Raja, apabila orang berjodoh, dari batu ini akan muncul beberapa batu kerikil;
Batu Nyapau, ini tempat Tjilik Riwut beristirahat melepas lelah pertapaan;
Batu Tingkes/Nenung Pambelum, ini merupaan tempat orang ingin mengetahui ramalan nasib dan kehidupanya; Batu Kamiak konon, diatas batu ini tempat Burung Kamiak/ Tambulanak bertenger untuk menjaga alam sekitar.

“Mari kita menjaga dan melestarikan keindahan Objek Wisata Bukit Batu dan tidak mencemari dan mengotorinya sehingga Objek Wisata Bukit Batu dapat dijadikan sebagai tempat yang menyuguhkan panorama yang asri, indah, nyaman dan betah berlama-lama kerena cocok bagi siapa saja yang ingin menghilangkan beban berat,” ungkap Kepala Disporbudpar Kabupaten Katingan Risnaduar melalui sekrerisnya Ramang.

Objek wisata ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Katingan dan jika anda mengunjunginya pasti anda akan merasa terpesona, jadi tak harus ketempat yang jauh dan mahal untuk bisa melihat keindahan alam yang asri dan menajubkan dengan pemandangan alamnya.

“Sampaikan pada teman-teman anda, keluarga atau siapa saja yang belum tahu tentang Objek Wisata Bukit Batu untuk turut berpartisipasi memajukan pariwisata Kabupaten Katingan,” tuturnya.

Para pengjunjung bila ingin masuk ke lokasi wisata ini akan dikenakan tarif retribusi parkir Rp. 3000 untuk kendaraan dan mobil rp.5000. rupiah.

(Kawit