Pulau Langka Puri Tewang Kampung Menuju Desa Wisata

IST/BERITASAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, saat mengukuhkan Pokdarwis Guru Langit, di Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Keanekaragaman hayati dan keunikan budaya di Kabupaten Katingan sangatlah melimpah dan memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan dan dikelola sebagai daya tarik minat wisatawan.

Salah satunya adalah Pulau Langka Puri yang terletak di tengah-tengah aliran sungai Katingan dengan luas kurang lebih 17 Hektare tepatnya di Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan.

Pulau yang memiliki panorama yang menawan dengan varietas hayati yang beragam dan menarik tersebut, pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tewang Kampung menginisasi pembentukan Kelompok Sadar — Wisata (Pokdarwis) yang dinamakan “Guruh Langit.

Pokdarwis Guruh Langit ini, resmi di kukuhkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N.T Litang pada tahun 2020 lalu.

Kepala Desa Tewang Kampung Yandi mengatakan pembentukan Pokdarwis Guruh Langit ini merupakan wujud komitmen masyarakat desa untuk megembangkan daya tarik wisata yang dimiliknya.

“Tujuan pembentukan Pokdarwis ini agar dapat menjadi wadah pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat sekitar dalam mengatur segala bentuk kegiatan perekonomian mereka di Industri Pariwisata,” terangnya.

Pembentukan Pokdarwis yang dibimbing langsung Disbudparpora Katingan dalam pembentukan Pokdarwis dengan harapan agar Pokdarwis memberikan nilai tambah dan memiliki manfaat bagi kemajuan dan perkembangan pariwisata di Kabupaten Katingan.

Dalam pengembangnya bahkan Disbudparpora Katingan juga telah melakukan pertemuan dengan 6 kepala desa dalam rangka pembuatan master plan pengembangan dan pembangunan pada sarana prasarana pariwisata salah satunya desa Tewang Kampung.

“Iya kita sudah melakukan pertemuan beberapa kali terkait pengembangan wisata, tahun pertama ini setelah dibentuk Pokdarwis dilanjutkan master plan dan pembangunan destinasi, semoga cepat terealisasi,” ungkapnya.

(Kawit)