Anak-anak Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi Sebagai Bagian Penting Jaga Kesehatan Badan

ANTARA/BERITA SAMPIT - Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang diselenggarakan di SD Negeri 008 Samarinda, Senin (12/9/2022).

SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meminta anak-anak di daerah itu menjaga kesehatan mulut dan gigi sebagai bagian penting dalam menjaga kesehatan badan.

“Jadi anak-anakku semua, kalian harus sehat. Berikan contoh kepada tetangga dan kawan-kawan bahwa saya rajin gosok gigi,” kata dia di Samarinda, Senin 12 September 2022.

Hal tersebut dikatakan Isran saat menyampaikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang diselenggarakan di SD Negeri 008 di Jalan Awang Long, Samarinda pada Senin.

Dia mengatakan dalam rangka memperingati HKGN tersebut, sedikitnya 700.255 anak menggosok gigi secara serempak.

“Kalau dihitung dengan yang tidak dihitung atau yang di rumah bisa 15 juta anak yang gosok gigi di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Isran mengaku bahagia dan bangga atas dilaksanakan kegiatan positif oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kaltim tersebut.

“Saya bahagia anak-anak kita sehat, sebab kalau gigi tidak bersih dan berlubang akan kurang bagus, bisa dimasuki bakteri,” ucapnya.

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Kaltim itu berpesan, momentum HKGN ke depan harus terus ditindaklanjuti.

“Atas nama pemerintah kami merasa sangat tertolong dalam membangun kesehatan masyarakat, terutama anak-anak karena kalian adalah calon pemimpin sebagai penerus bangsa ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Samarinda Andi Harun berpesan kepada masyarakat agar rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari.

“Khususnya kepada anak-anak sekolah dan kita semua, agar kesehatan gigi tetap terjaga,” tuturnya. (Antara).