Warga Kasongan Mengais Rezeki di Tengah Banjir

KAWIT/BERITA SAMPIT - Warga Katingan berbondong-bondong mencari ikan di jalan trans kalimatan tempat arah kasongan kereng Pangi.

KASONGAN – Naiknya air di Sungai Katingan dimanfaatkan sejumlah warga mencari ikan. Kamis 15 September 2022, mereka berbondong-bondong mencari ikan di jalan trans Kaliantan arah Kasongan – Kereng Pangi.

Herman, salah seorang warga mengatakan, luapan Sungai Katingan yang meredam tujuh kecematan justru dijadikan berkah. Warga berbondong-bondong mencari ikan mengunakan alat seadanya untuk menakar ikan.

“Tempat mencari ikan ini juga tempat strategis bisa langsung dijual di tempat, dan juga pengunjung dari berbagai wilayah ikut membeli ikan tersebut,”ucap Herman.

Harga yang dipasarkan pun bervariasi. Mulai dari Rp10 ribu hingga Rp50 ribu per kilogramnya.

Warga yang melintas di jalan Trans Kalimatan ini juga berhenti dan mulai membeli ikan yang di jajakan para penjual ikan dadakan tersebut.

“Salah satu seorang pembeli Mahmudah mengatakan harga jual ikan lebih murah dan bisa di jangkau di bandingkan dengan harg di pasar,”tandasnya Mahmudah.

Terpisah Wakil Bupati Katingan Sunardi NT. Litang juga nampak terlihat turun langsung kelapangan memantau aktivitas masyarakat menangkap ikan di tengah kondisi air banjir di Kabupaten Katingan.

Dibalik musibah banjir sebagian masyarakat mengasi rezeki dengan mencari ikan di luapan air anak Sungai Katingan, untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga bahkan untuk dijual kepada masysrakat.

“Kita bersyukur masyarakat masih bisa mangais rezeki dengan mencari ikan di kondisi banjir ini,” ucap Wabup Sunardi NT.Litang.

Dirinya berharap, agar masyarakat tak panik dengan kondisi banjir ini, namun perlu disikapi dengan bijaksana.

“Intinya kita berharap kondisi air cepat surut dan tak menganggu aktifitas masyarakat dan pelaksanaan Pembangunan di Katingan,” pungkasnya

(Kawit)