Cegah Banjir, Pemkab Barito Utara Perlebar Parit di Sejumlah Kawasan Pemukiman

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra (tengah) bersama Kadis PUPR M Iman Topik (kedua kiri), dan kepala perangkan daerah lainnnya, melakukan pengecekan saluran pembuangan air yang berada Jalan A Yani Muara Teweh depan BPS Barito Utara dan di belakang kantor BPJS Kesehatan, Selasa (18/10/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah memperlebar parit di sejumlah kawasan pemukiman warga yang sering banjir akibat hujan relatif lama guna mencegah terjadinya banjir di daerah setempat.

“Kita akan membuat parit, saat ini parit yang ada ukurannya tidak mampu menampung luapan air,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara M. Iman Topik di Muara Teweh, Selasa 18 Oktober 2022.

Hujan deras yang mengguyur Kota Muara Teweh pada Senin 17 Oktober 2022 malam, mengakibatkan beberapa ruas jalan di dalam kota Muara Teweh dan area perumahan warga mengalami banjir, meski hanya beberapa lama karena segera surut.

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Kadis PUPR M. Iman Topik dan jajarannya, kepala perangkat daerah lainnya beserta jajarannya dan perwakilan BPBD, Camat Teweh Tengah, Lurah Lanjas dan Lurah Melayu meninjau langsung beberapa titik banjir.

Pada tinjauan pertama di depan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) jembatan Jalan A. Yani, di mana ia melihat langsung saluran pembuangan air yang banyak sampah sehingga banjir masuk pemukiman warga di belakang kantor BPJS Kesehatan setempat.

Ia bersama rombongan melanjutkan pengecekan di depan kantor BPS Barito Utara. Saat hujan relatif lama antara 2-4 jam di Jalan A. Yani tersebut (depan BPS), ada beberapa rumah yang terendam banjir.

Ia juga melakukan pengecekan mesin sedot di Jembatan Sungai Bangaris.

Kadis PUPR M. Iman Topik juga sebelumnya bersama Ketua Komisi III DPRD Barito Utara Tajeri didampingi Lurah Lanjas Nurhidayat melakukan pengecekan pemukiman warga yang terkena banjir luapan dari air hujan di RT 18 Jalan Permata Hijau 4 Gang Jamrud dan di Jalan Persemaian RT 25 Kelurahan Lanjas.

(ANTARA)