Organisasi Wanita di Barito Utara Diedukasi tentang Public Speaking

IST/BERITA SAMPIT - Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Utara Sri Hidayati Nadalsyah saat membuka seminar public speaking di gedung Balai Antang. Senin 24 Oktober 2022.

MUARA TEWEH – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara Sri Hidayati Nadalsyah bekerjasama dengan Public Speaking Banjarbaru membuka seminar public speaking di gedung Balai Antang, Muara Teweh, Senin 24 Oktober 2022.

Menurut Sri Hidayati Nadalsyah bahwa dalam era keterbukaan informasi publik saat ini, kesempatan berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar. Terutama dalam menjalankan tugas pelayanan publik, tidak terlepas dari komunikasi publik dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, baik bersifat kedinasan, kepentingan umum atau organisasi masyarakat.

“Setiap orang dapat berbicara di muka umum, namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan tepat,” ujar Sri Hidayati Nadalsyah.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua DPRD Barito Utara Mery Rukaini yang yang telah memberikan bantuan dana dalam pelaksanaan seminar.

Dijelaskannya berbicara tidak sekedar mengeluarkan kata-kata, maupun uneg-uneg atau perasaan, namun lebih dari itu berbicara adalah proses dan seni menyampaikan informasi dan gagasan pada orang lain yang tepat, di waktu yang tepat dan pada orang yang tepat.

“Public speaking merupakan suatu bentuk komunikasi publik guna menyampaikan pesan atau informasi dalam berbagai bentuk seperti suara, tulisan, lisan, simbol-simbol, gambar dan lainnya yang bertujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini secara runtu, logis dan jelas sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda,” jelas Sri Hidayati.

Selain itu, lantaran sering terjadi, saat seseorang menyampaikan pesan, apa yang diucapkan tanpa didukung ekspresi tubuh yang benar terkadang bisa dipersepsikan berbeda oleh audensi.

“Selain bahasa untuk mencapai komunikasi yang efektif, juga sangat dipengaruhi oleh ekspresi tubuh saat berbicara,” ungkapnya.

Katanya lagi, dengan modal percaya diri yang tinggi diharapkan kita bisa sukses menyampaikan pesan terkait kebijakan dan pembangunan kepada masyarakat.

“Dengan public speaking diharapkan dapat meningkatkan potensi diri kita untuk lebih professional dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat untuk mewujudkan Barito Utara kuat, masyarakatnya sehat dan ekonominya tumbuh pesat,” tutupnya.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua TP-PKK Sri Hidayati Nadalsyah dihadiri Ketua DPRD, Mery Rukaini, Ketua GOW, Nila Sari, sejumlah anggota DPRD, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, dan pengurus serta anggota TP-PKK lainnya, lebih lanjut Azlianur Karim, dan Rona Hernawati, kemudian memberikan materi kepada para peserta seminar. (isk)