Potensi Melimpah, Bantuan Perikanan Harus Dimaksimalkan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin.

KUALA PEMBUANG – Seruyan terkenal sebagai kabupaten dengan hasil produksi perikanannya yang cukup melimpah baik itu dari hasil tangkap maupun budidaya dan tanpa terkecuali di Daerah Pemilihan (Dapil) II sendiri yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya, dan Danau Seluluk.

“Dapil II sendiri termasuk wilayah penghasil ikan yang lumayan berlimpan, baik itu dari hasil tangkapan nelayan maupun dari hasil budidayanya, sehingga memang banyak masyarakat yang menggeluti profesi tersebut,” kata Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan M. Aswin, Rabu, 26 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Disamping itu, dari segi pemasaran sendiri di Dapil II tidak terlalu sulit, karena selain untuk konsumsi di pasar-pasar wilayah setempat, juga dipasarkan ke Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat serta bahkan sampai ke Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Menurutnya, dengan segala potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah tersebut, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dari segi pemberdayaan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Disamping itu, pemaksimalan bantuan perikanan bagi nelayan atau kelompok nelayan juga sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas profesi ataupun peningkatan hasil produksi nelayan setiap waktunya.

“Saat kita kunjungan kerja ataupun reses, masih banyak masyarakat yang mengharapkan peningkatan bantuan produksi perikanan, seperti mesin, perahu, alat tangkap ikan dan yang lainnya. Harapan kita agar hal ini bisa diperhatikan dan direalisasikan untuk kedepan,” ungkapnya.