Pesona Wisata Alam di Desa Karuing Hipnotis Wisatawan Mancanegara

Pesona wisata alam di Desa Karuing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Kabupaten Katingan merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 17.500 km², masyaraknya sangat damai sesuai dengan Semboyan kabupaten ini adalah “Penyang Hinje Simpei” (bahasa Ngaju) yang artinya adalah Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama.

Kabupaten ini terdiri dari 13 kecamatan 154 Desa dan 7 Kelurahan. Potensi wilayah di daerah ini sangat luar biasa.

Salah satunya tempat wisata alam, ya desa Desa Karuing, Kecamatan Kamipang memiliki potensi besar menjadi salah satu desa wisata. Kenapa demikian? Dengan keunikan dan potensi yang ada, cocok dikembangkan untuk pariwisatanya.

Desa Karuing berada di bantaran sungai Katingan dengan luas sekitar 1,5 km2. Untuk menuju kesana, hanya bisa dengan menelusuri sungai.

Desa berpenduduk kurang lebih 600 jiwa ini memiliki pesona alam yang masih alami baik flora dan faunanya, serta air berwana hitam kemerah-merahan menjadikannya sangat unik.

Untuk membuat lebih dikenal, warga kemudian membuat nama ‘Wisata Punggu Alas’ dan rupanya ini berhasil. Meskipun justru wisatawan luar yang lebih tertarik ‘meng-eksplore Punggu Alas ini.

“Selain desa ini memang unik dan alami, karena akses utamanya adalah sungai menjadikan masyarakat di sini tidak bisa berbuat banyak selain melestarikan hutan dan budaya setempat,” tutur Raya Sadianor pengusaha kopi asal Desa Karuingi.

Dia mengatakan melihat potensi desa serta kemauan masyarakat, akhirnya masyarakat lokal bergotong royong untuk menjadikan desa Karuing sebagai desa wisata, dengan membentuk Wisata Punggu Alas Desa Karuing.

Tidak main-main, wisatan yang berkunjung ke desa ini merupakan turis mancanegara. Mereka terpukau dengan terpesona dengan Wisata Desa Karuing meski di pelosok Katingan.

Dia menjelaskan, keberadaan hutan yang masih alami dengan diperkaya binatang langka seperti Orangutan dan Burung Tingang membuat Wisata Punggu Alas Desa Karuing sudah beberapa kali di datangi wisatawan mancanegara.

Ada satu hal lagi yang perlu diketahui, selain beberapa keunikan tersebut, masyarakat desa Karuing juga terus melestarikan budaya. Salah satunya dengan rutin menggelar latihan silat Kuntau Bangkuy.

Untuk benar-benar mewujudkan Karuing menjadi desa wisata, Raya, alumni jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Palangka Raya ini mengharapkan perhatian dari pemerintah Kabupaten Katingan dan Pemerintah Provinsi Kalteng.

“Jika terwujud, tentunya ini akan mengubah ekonomi masyarakat, untuk itu kami ingin mendapat bantuan khusus program pengembangan wisata dari eksekutif di kabupaten maupun provinsi, dan dukungan dari legislatif,” harapnya.

(Kawit)