Bantu Sebarluaskan Informasi, Peran Wartawan Dinilai Penting

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. ANTARA/handout-Publikasi DPRD Seruyan

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo menyebut jika peran wartawan terhadap penyebarluasan informasi kepada publik sangat penting, termasuk memberikan edukasi dan sajian informasi menarik atau hiburan kepada masyarakat.

“Saya rasa peran wartawan sangat penting sekali, khususnya terhadap penyebarluasan informasi, selain itu juga berperan dalam memberikan edukasi maupun sarana hiburan kepada khalayak,” katanya, Sabtu, 26 November 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Maka dari itu, ia mengatakan wartawan dengan memegang peranan tersebut haruslah betul-betul profesional dalam menjalankan tugas dan terus meningkatkan kemampuannya.

Ia menjelaskan, sebagai salah seorang yang dulu juga pernah mencicipi dunia jurnalistik, dirinya sedikit banyak pasti mengetahui tentang fungsi serta tugas-tugas seorang wartawan, dan memang hal yang paling penting adalah profesionalisme itu sendiri.

“Saya dulu juga pernah, jadi sedikit banyak pasti tahu, kita harus betul-betul mengerti apa yang diberitakan, dan intinya memang profesional itu sangat diperlukan bagi seorang wartawan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Selain itu, seorang wartawan juga mempunyai kode etik jurnalistik yang sudah mengatur dan dijadikan pedoman oleh seluruh wartawan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Ada etikanya, jadi berpedoman terhadap hal tersebut, karena peran wartawan itu sangat penting sekali, baik itu terhadap penyebarluasan informasi, jembatan penghubung, serta peran-peran lainnya,” ungkapnya.