Indahnya Pantai Tanpa Nama di Ujung Wilayah Selatan Katingan

Pantai di Desa Kampung Tengah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Kecamatan Katingan Kuala merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Katingan. Tak banyak yang tau ternyata daerah pesisir di wilayah selatan Katingan ini menyimpan tempat wisata pantai yang sangat indah.

Panorama alam yang disajikan dan kesejukan yang ada di pantai tersebut membuat setiap pengujung akan selalu ingin kembali. Panorama yang sangat indah apalagi menjelang senja dengan pasir putih dan sunset yang luar biasa cantiknya.

Pantai ini berada di desa Kampung Tengah Kecamatan Katingan Kuala. Untuk akses kesana saat ini masih belum bisa dilintasi lewat darat karena masih dalam proses pembuatan badan jalan oleh pemerintah daerah.

“Wisata pantai ini masih jadi alternatif masyarakat untuk berlibur, semoga di tahun 2023 ini sudah bisa ada peningkatan badan jalan menuju lokasi wisata,” ungkap Camat Katingan Kuala Hariadi Utomo. Minggu 27 November 2022.

Pantai tersebut belum mempunyai nama, masyarakat lokal sering berlibur saat libur hari besar keagaam maupun libur sekolah. Tempat ini menjadi salah satu wisata alam pantai yang selalu menjadi pusat perkumpulnya masyrakat terutama di bagian selatan Katingan.

“Pantainya hingga sekarang belum punya nama, semoga kedepan ekowisata pantai ini bisa dikembangkan dan jadi ikon masyrakat kita di desa Kampung Tengah,” harapnya.

Jika ingin menuju pantai tersebut. ada 2 jalan alternatif pertama melewati Kabupaten Kotawaringin Timur. dari Palangka  Raya Ibu Kota Kalimantan Tengah, dilakukan perjalanan darat selama kurang lebih 3,5 jam perjalanan normal menggunakan kenadaraan roda 4 menuju Sampit Ibu Kota Kotawaringin Timur.

Dilanjtukan dengan menggunakan Klotok atau perahu berukuran sedang selama Kurang Lebih 4 jam perjalanan normal. Setibanya di Kelurahan Pagatan Kecamatan Katingan Kuala. dilanjutkan lagi dengan Perjalanan darat menggunakan kendaraan roda 2 (ojek) kurang lebih 1/2 jam akan sampai.

Kemudian jalan alternatif kedua menyusuri Sungai Katingan. dari Palangkaraya, dilakukan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam perjalanan normal menggunakan kenadaraan roda 4.

Dilanjtukan dengan menggunakan speed boat selama Kurang Lebih 5 jam perjalanan normal. Setibanya di Kelurahan Pagatan Kecamatan Katingan Kuala. dilanjutkan lagi dengan Perjalanan darat menggunakan kendaraan roda 2 (ojek) kurang lebih 1/2 jam.

Ya perjalanyan panjang, tapi tidak usah kwatir. di Kelurahan Pagatan sudah terdapat banyak penginapan berupa Losmen.

(Kawit)