Lantai Dua Mal Pelayanan Publik Ditempati 19 Instansi, Siap Berikan 252 Jenis Layanan

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan MT Haryono Sampit.

SAMPIT – Mal Pelayanan Publik (MPP) tiga lantai yang berdiri megah di Jalan MT Haryono Sampit mulai beroperasi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini  ditandai dengan pindahnya Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotawaringin Timur di MPP tersebut pada 2 Januari 2023.

Kepala DPMPTSP Kotim, Imam Subekti menjelaskan MPP tiga lantai ini akan ditempati oleh sejumlah instansi maupun lembaga yang bergerak di bidang pelayanan perizinan yang akan bergabung.

“MPP ini tiga lantai, kalau lantai tiga Kantor DPMPTSP Kotim, untuk lantai satu dan dua pelayanan,” kata Imam Subekti, Rabu 4 Januari 2022.

Sementara untuk lantai 2 MPP akan ditempati oleh Disdukcapil, Bapenda, Bank Syariah, Dinas kesehatan, BPJS kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, Dinas pendidikan, Imigrasi, Ombudsman, Dinas Pekerjaan Umum, Kantor Pertanian, PDAM, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, KPP Pratama, Bank Kalteng, Perpustakaan.

“Kalau lantai satu Polres, Samsat, UMKM dan banyak lainya,” pungkas Imam Subekti.

MPP ini akan memberikan 252 jenis pelayanan terdiri 95 layanan dari lembaga kementerian, seperti imigrasi, ATR/BPN, dan lain-lain. Sedangkan untuk DPMPTSP Kotim ada 152 layanan perizinan dan 15 layanan non-perizinan. Jumlah ini bisa bertambah sesuai perkembangan selanjutnya.

Adanya MPP ini adalah untuk mempermudah birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus berbagai perizinan. Maka dari itu, pihaknya berupaya untuk menggandeng semua instansi maupun lembaga yang bergerak di bidang pelayanan perizinan agar dapat bergabung di MPP.

(Ibra)