Atlet Taekwondo Asal Katingan Harumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional

    Rayinda Syah Alexandra

    KASONGAN – Atlet Junior Taekwondo Indonesia asal Kabupaten Katingan Rayinda Syah Alexandra meraih medali emas di Kejuaraan 16 Th ASEAN Taekwondo Championship 2023 di Filipina, setelah di Final U 44 Kg putri mengalahkan Nguyen Anh Thu atlet asal Vietnam dengan skor akhir mutlak 2-0.

    Dari Kalteng untuk Indonesia, itulah kata yang menggambarkan rasa bangga yang telah ditorehkan oleh salah satu atlet asal Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Pelajar SMP Bina Citra Utama Palangkaraya yang masih duduk di kelas IX itu, mengangkat citra Indonesia melalui karyanya dibidang olahraga.

    Bermodal dengan latihan dan disiplin yang keras di bawah arahan para pelatih, Rayinda mampu meraih hasil maksimal, meski pertandingan kedua Atlet tersebut berlangsung sengit, beberapa teknik tendangan ke arah kepala dan badan.

    Pada Ronde pertama Rayinda unggul tipis 2-1, dan di Ronde kedua, dia mampu mengusai alur pertandingan dengan unggul 8-0 , dengan kemenangan pada dua ronde, dengan hasil itu Rayinda dipastikan meraih medali emas.

    Ditempat terpisah Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Taekwondo Indonesia Kabupaten Katingan Novi Iskandarsyah merasa bangga dengan perolehan atletnya, dia berharap dedikasi, usaha dan kerja keras semua pihak yang telah mendorong pengembangan atlet-atlet bisa menjadi motivasi anak muda lainnya untuk terus berkarya.

    “Kami ucapkan terimakasih kepada KONI dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten  Katingan yang mendukung kiprah Atlet pelajar dari Katingan dalam berkiprah di Kejuaraan Internasional di Filipina ini.,” ungkapnya.

    Dalam kejuaraan 16Th Asean Taekwondo Championship 2023 Indonesia meraih 5 medali emas,4 Perak dan 2 Perunggu, dengan total atlet 15 orang, 2 pelatih dan 1 manajer. Hasil ini pun menjadi kebanggaan dan penyemangat dalam mempersiapkan atlet diberbagai pertandingan lainnya.

    Rekam Prestasi Rayinda Syah Alexandra 

    Rayinda Syah Alexandra merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Novi Iskandarsyah, dan Nur Laila Romadhoni, Berikut profil singkat prestasi yang diraih:

    Prestasi 2022
    1. Medali Emas Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Kalteng, Kelas U 44 Kg junior putri di Palangkaraya
    2. Medali Emas Kejurnas Piala Kemenpora 2022 Kelas U 44 Kg putri di Yogyakarta
    3. Medali Perak Kejuaraan Wilayah 4 Kalimantan, kelas U 44 Kg Putri di Banjarmasin-Kalsel
    4. Medali Perunggu, Kejurnas Senior -Junior-Cadet 2022,Kelas U 44 Kg Putri di Tangerang-Banten

    (KAWIT)