Kesbangpol Barsel Laksanakan Tahapan Seleksi Paskibraka

    DEDDY/BERITA SAMPIT - Pelatih Paskibraka saat memberikan arahan kepada seluruh peserta seleksi Paskibraka.

    BUNTOK – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mulai laksanakan tahapan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 tingkat kabupaten.

    Kabid Ketahanan Ideologi Bangsa Kesbangpol Barsel Salafuddin, Rabu 15 Maret 2023 mengatakan, seleksi Paskibraka yang kita laksanakan ini sesuai dengan ketentuan dan tahapan-tahapan seleksi.

    “Adapun tahapan-tahapan seleksi ini pertama sosialisasi terkait rekrutmen dan sosialisasi di setiap kecamatan dimana sosialisasi inipun telah kita laksanakan,” katanya.

    Dari lima kecamatan yang ada di Barsel, terjaring sebanyak 71 orang siswa-siswi SMA, SMA sederajat, SMK dan MAN. Ditambah dari Kecamatan Dusun Selatan, sebanyak 100 orang yang telah memenuhi syarat salah satunya tinggi badan.

    “Maka total keseluruhan, sebanyak 171 orang siswa-siswi sehingga kita melaksanakan sosialisasi sesuai dengan tahapan dan petunjuk program Paskibraka yang ada di daerah ini,” katanya.

    Adapun tahapan seleksi yang telah kita laksanakan kemarin kata Salafuddin, administrasi, kesehatan, parade, PBB, tes intelektual intelegensi umum dan wawasan kebangsaan.

    “Tentunya semua tahapan-tahapan seleksi, semua ada nilai selanjutnya hasil tersebut akan ditentukan peserta yang lulus dan tidak lulus,” ungkapnya.

    Untuk tahapan seleksi berikutnya yang kita laksanakan pada hari ini adalah lanjutan tes kesehatan yakni tes urine untuk upaya pencegahan penyalahgunaan  narkoba dan obat terlarang. Hari ini lanjutan tahapan seleksi, tes kesehatan urine dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang,” sambungnya.

    Ditambahkannya, untuk tahapan selanjutnya apabila calon peserta Paskibraka sudah terbentuk mereka akan bertugas pada saat upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023.

    Setelah semua selesai, mereka akan purna tugas dan akan menjadi duta pancasila atau tergabung di Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

    “Dimana PPI ini merupakan suatu organisasi, dibawah naungan Pemda dan dipantau langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),” pungkas Salafuddin. (Ded)