Anggota DPRD Barut Panen Padi Bersama Poktan Matingkun Lemai Desa Sabuh

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Barito Utara Nety Herawati bersama pejabat Dinas Pertanian menghadiri panen bersama padi ladang Talun Koyem, di sebuah lahan kelompok tani Matingkun Lemai Desa Sabuh.

MUARA TEWEH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Utara Nety Herawati mengikuti panen bersama padi ladang Talun Koyem, di sebuah lahan sebanyak satu hektar milik kelompok tani (poktan) Matingkun Lemai Desa Sabuh, Kabupaten Barito Utara.

Nety Herawati mengapreasiasi apa yang telah dilakukan oleh kelompok Matingkun Lemai, menurutnya di lahan seluas satu hektar ini bisa menanam padi ladang varietas Talun Mayang atau yang dikenal dengan Talun Koyem.

“Panen padi ladang Talun Koyem, mampu berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan hidup warga masyarakat di sekitar terutama di Desa Sabuh,” ucapnya, Minggu 26 Maret 2023.

Kata Nety, seperti apa yang telah disampaikan Sekdis Pertanian meskipun produktivitas agak berbeda dengan padi sawah namun padi ladang varietas Talun Koyem bisa terus dikembangkan di lahan para petani ladang.

“Mudah-mudahan panen padi ladang yang kita kembangkan di daerah ini mampu panen produktivitasnya mencapai 5 ton per hektarnya,” ujarnya.

Dia berharap untuk para petani lainnya mampu menanam padi ladang yang cukup menjanjikan hasilnya.

“Misalnya kita tidak dapat menjual dari hasil yang kita dapat, tetapi kita tidak sampai membeli beras di pasar, itu artinya mengurangi beban pengeluaran sehari-hari,” tambah Nety.

“Biasanya padi ladang apabila dijual di pasar, maka pengunjung pasar akan berebutan membelinya, hasil padi ladang berupa Talun Koyem ini atau talun lainnya juga,” pungkasnya. (isk).