Timsel Minta Tanggapan Masyarakat terhadap 73 Calon Anggota KPU

Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten di Kalimantan Tengah usai menyampaikan keterangan pers di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (10/4/2023). ANTARA/Rendhik Andika

PALANGKA RAYA – Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah meminta tanggapan masyarakat terhadap 73 pendaftar di empat kabupaten yang lolos tes psikologi dan computer assisted test (CAT).

“Mulai akhir pekan lalu sampai 16 April 2023 kami menanti masukan dan tanggapan masyarakat terhadap 73 nama yang lolos CAT dan psikologi,” kata Ketua Tim Seleksi Pranata di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin 10 April 2023.

Pranata menyebutkan mereka yang lolos itu terdiri atas 20 peserta dari calon anggota KPU Kabupaten Barito Selatan (Barsel), 13 peserta calon anggota KPU Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), 20 calon anggota KPU Kabupaten Kapuas, dan 20 calon anggota KPU Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Tanggapan dan masukan terhadap masyarakat terhadap nama-nama calon anggota KPU itu, kata dia, dapat  melalui surat elektronik (email) di hukumsdm.kalteng@gmail.com dengan format laporan seperti yang telah disediakan sekretariat Timsel.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

Pada format masukan dan tanggapan masyarakat ini, lanjut dia, masyarakat diminta mencantumkan nama, alamat, pekerjaan, serta nomor telepon dan NIK beserta fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

“Ini sebagai bukti, masukan dan tanggapan yang disampaikan dilakukan orang yang bertanggung jawab. Meski demikian, kami menjamin kerahasiaan identitas yang memberi masukan dan tanggapan,” kata Pranata.

Dikatakan pula bahwa masukan dan tanggapan masyarakat tersebut akan dijadikan bahan tim seleksi untuk melakukan pendalaman dan klarifikasi pada saat tahapan tes wawancara.

Sekretaris Timsel Calon Anggota KPU di Kalteng Hamdanah mengatakan bahwa 73 peserta yang dinyatakan lolos CAT dan tes psikologi akan mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes kesehatan pada tanggal 10—15 April dan tes wawancara pada tanggal 16—24 April.

BACA JUGA:   Sengketa Lahan Hokim dan Alvin, Yansen Binti: Semua Pihak Diharapkan Menahan Diri

“Tes kesehatan oleh tim RS TNI AD, sementara tes wawancara dilakukan oleh timsel. Maka, kami nantikan masukan dan tanggapan dari masyarakat sebelum tes wawancara dimulai,” kata wanita berhijab itu.

Dikatakan bahwa setiap tahapan akan dilaksanakan secara baik, jujur, berintegritas, dapat dipertanggungjawabkan, serta dilaksanakan didasarkan peraturan yang ada.

Timsel juga berkomitmen melahirkan anggota KPU kabupaten yang baik dan berintegritas sehingga pelaksanaan pemilu dan pilkada di daerah setempat berlangsung aman, damai, tertib, dan memenuhi hak setiap masyarakat.

Timsel Calon Anggota KPU Empat Kabupaten di Kalteng itu terdiri atas Pranata sebagai ketua, Hamdanah sebagai sekretaris, serta Nurrahman Ahmad Shalludin, Noor Salim, dan Stepanus sebagai anggota.

(ANTARA)