Dewan Apresiasi Pemasangan Tiang PLN, Listrik di Sembilan Desa di Barito Utara Akan Terkoneksi

IST/BERITA SAMPIT: Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar

MUARA TEWEH – Listrik di sembilan desa wilayah Kecamatan Teweh Baru dan Teweh Timur akan terkoneksi, keinginan warga sembilan desa tersebut, yakni Sikui, Panain, Sabuh (Kecamatan Teweh Baru) dan Desa Liju, Mampuak I, Mampuak II, Sampirang I, Sei Liju serta Jamut (Kecamatan Teweh Timur) segera direalisasikan oleh PT PLN melalui Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kalteng.

Mengenai hal tersebut, anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar mengapresiasi langkah maju pemasangan tiang listrik. Sehingga desa-desa di wilayah lumbung energi Barito Utara bisa terus berkurang daerah yang belum tersentuh listrik.

“Sebagai wakil rakyat saya mengapreasiasi langkah ini merupakan hal yg sudah semestinya di laksanakan oleh pihak PLN Karna Barito Utara merupakan sumber energi,” kata dia. Jumat 14 April 2023.

Dia menambahkan, hal tak kalah penting dilakukan PT PLN UP2K Kalteng, terkait usulan warga yang sudah berulang kali disampaikan seperti halnya pemindahan jaringan dari jalur Pararawen – Lemo ke Bukit Bambu – Lemo, segera direalisasikan.

Karena saat ini jalan dari Pendreh ke arah – Pararawen – Lemo tidak terpelihara sehingga kalau terjadi gangguan jaringan petugas PLN sulit untuk melakukan akses ke daerah tsb. Sehingga sering padam bahkan bisa padam dengan waktu yang lumayan lama.

Bahkan untuk hal pemindahan jaringan ini sudah kami sampaikan ke perwakilan kami di komisi VII dan PLN berjanji akan melakukan kegiatan pada tahun ini.

Ia juga mengimbau, warga yang tanahnya dilakukan pembersihan atau tebas tebang, bisa merelakan atau tidak menuntut ganti rugi.

“Saya mengimbau kepada warga agar merelakan sebagian tanahnya untuk kepentingan umum. Sehingga desa-desa tersebut dapat menikmati listrik secepatnya. Kita mesti mendukung program pemerintah,” katanya.

Dukungan kita warga, kata politisi Partai Gerindra ini, tidak hanya merelakan tanah mereka dibersihkan. tetapi juga ikut bergotong royong dalam melakukan pembersihan, terutama kawasan yang akan di pasang tiang listrik.

Sebelumnya Rabu 12 April 2023, sejumlah Kades dari sembilan desa menghadiri Rapat Koordinasi bersama PT. PLN UP2K Kalteng agenda pembahasan Pra-pekerjaan Pembangunan Jaringan Listrik Desa di wilayah Kecamatan Teweh Timur. (isk)