Dewan Minta Aparatur Desa Lebih Maksimalkan Pengelolaan Keuangan Desa

DEDDY/BERITA SAMPIT - Komisi I DPRD Barsel Jarliansyah.

BUNTOK – Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Jarliansyah meminta kepada seluruh aparatur pemerintah desa, yang ada di daerah ini agar lebih memaksimalkan lagi pengelolaan keuangan desa.

“Karena pengelolaan keuangan desa diharapkan, akan bisa membantu untuk sukses dan lancarnya pembangunan diwilayah desa dari tahun ke tahun,” kata Jarliansyah, Minggu 28 Mei 2023.

Dikatakannya, pemerintahan desa sendiri juga sangat berperan sentral dalam menunjang demi kesuksesan pembangunan daerah.

“Yakni sebagai tempat pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Walaupun pada kenyataannya lanjut politisi PDI-P Barsel ini, banyak pengelolaan keuangan desa yang belum memiliki manajemen yang baik.

“Seringkali terjadi kesimpang siuran data sehingga hal inipun mendasari semuanya sehingga, sangat perlu secara kontinyu dilaksanakannya pelatihan pengelolaan keuangan desa dalam setiap tahun,” bebernya.

Ditambahkannya, Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan dana untuk membangun fasilitas desa serta untuk membantu kesejahteraan bagi masyarakat desa itu sendiri.

“Pastinya ADD bukan milik pribadi, maupun investasi sehingga, penggunaan dana juga harus dikelola sesuai dengan anggaran yang telah tersedia termasuk juga peruntukan yang sudah ditetapkan,” tukas Jarliansyah. (Ded)