Lagi Musim, Durian Kasongan Diminati Konsumen di Kota Kapuas

HASAN/BERITA SAMPIT - Durian Kasongan diminati konsumen di Kota Kapuas.

KUALA KAPUAS – Musim durian kembali bergulir di Kapuas. Saat ini, varian durian Kasongan, Kalimantan Tengah (Kalteng) marak dijual di pinggir jalan di Kota Kapuas.

Rasanya yang legit dan dagingnya yang cukup tebal membuat varian durian Kasongan laris manis dibeli konsumen. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp20 ribuan per biji.

Rahman, pedagang durian Kasongan yang mangkal di kawasan Jalan Anjir Serapat, Kapuas menuturkan durian Kasongan saat ini sedang masa panen. “Di wilayah asalnya, durian Kasongan sangat melimpah. Makanya dijual sampai ke wilayah Kapuas dan Kalsel dan Alhamdulillah banyak diminati konsumen,” sebut Rahman, Rabu 21 Juni 2023.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Rahman sendiri mendatangkan sedikitnya 250 biji durian Kasongan. “Ini sudah dua kali saya pesan. Pasokan minggu lalu sudah menipis dan laris terjual. Untuk harga jualnya saat ini berada di kisaran Rp20 ribuan hingga Rp80 ribuan per biji,” tambahnya.

Rahman menambahkan varian durian lain seperti durian Sulawesi dan Medan juga cukup banyak beredar. Namun, harga yang lebih tinggi, membuat Rahman enggan jualan durian Sulawesi dan Medan.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Jualan durian risikonya besar, karena modalnya cukup besar. Kalau lama tidak terjual, durian bakal membusuk dan tak laku lagi. Lebih baik jualan durian Kasongan, modalnya lebih minim, tapi penjualannya bagus,” tambahnya.

Sementara itu, Udin, salah satu pembeli mengakui suka dengan varian durian Kasongan. “Rasa dagingnya tidak terlalu manis dan ada sedikit rasa pahitnya. Sensasi rasa pahit ini yang ada di durian Kasongan,” tandasnya. (Hasan)