Masyarakat Diminta Waspadai Hewan Penular Rabies

IST/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Palangka Raya, Norhaini.

PALANGKA RAYA- Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Norhaini mengingatkan kepada warga kota setempat untuk berhati-hati terhadap hewan yang terjangkit atau membawa virus rabies.

Hal itu kata Norhaini, mengingat baru baru ini viral video seorang anak yang histeris di rumah sakit akibat dinyatakan positif rabies sampai akhirnya anak tersebut dinyatakan meninggal.

“Ketika anjing, kucing atau kera yang terjangkit virus rabies menggigit manusia, air liur yang mengandung virus akan masuk ke tubuh manusia. Maka perlu kehati-hatian dan kewaspadaan terhadap hewan liar yang kerap berkeliaran,” ungkapnya, Kamis 22 Juni 2023.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Norhaini mengingatkan para pemilik hewan agar melakukan vaksin terhadap hewan peliharaan ke puskesmas atau dokter hewan maupun instansi terkait yang melakukan penanganan vaksin pada hewan agar tidak terjangkit virus rabies.

Menurutnya Vaksinasi hewan peliharaan, tidak hanya melindungi dari virus rabies, tetapi juga melindungi pemiliknya maupun warga ketika tergigit hewan peliharaan.

Norhaini berharap instansi teknis Alagar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa dan ciri-ciri hewan peliharaan yang terkena rabies.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Masyarakat perlu diberikan pemahaman atau pengetahuan, apabila digigit oleh hewan peliharaan, maka penanganan awal apa yang harus dilakukan, dan dibawa kemana korban gigitan dari hewan tersebut.

“Kami juga mendorong instansi terkait dapat memaksimalkan program vaksin rabies kepada hewan peliharaan warga, maupun hewan liar sebagai langkah pencegahan. Jangan sampai ada kasus positif rabies yang menimpa warga,” tandasnya. (Syauqi)