Hari Jadi Barito Utara Ke 73, Bupati Buka Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan

IST/BERITA SAMPIT - Peserta dari Kecamatan Lahei Barat saat mengikuti pembukaan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan di stadion Swakarya Muara Teweh.

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, Nadalsyah bersama jajaran pemerintah Daerah dan Forkompinda Barito Utara membuka resmi event tahunan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan di stadion Swakarya Muara Teweh, Jum’at 7 Juli 2023 malam.

Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Barito Utara ke- 73 dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 07 hingga 11 Juli 2023. Berbagai macam perlombaan diadakan yang dapat diikuti oleh kalangan masyarakat Barito Utara.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah menyampaikan festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan merupakan agenda rutin setiap tahun sebagai salah satu rangkaian dalam memperingati serta memeriahkan hari jadi ke 73 Kabupaten Barito Utara.

“Melalui kegiatan ini dapat menjadi sebuah ajang promosi pariwisata daerah dan event untuk menggali, menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional yang kita miliki,” ujar Nadalsyah.

Ia berharap melalui kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan diharapkan mampu mempertahankan budaya serta mensosialisasikan kepada generasi akan kekayaan serta kearifan lokal budaya di Kabupaten Barito Utara.

Ketua Panitia, Annisa Cahyawati menyampaikan bahwa kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan tahun 2023, diikuti peserta dari sembilan kecamatan di Barito Utara.

“Tujuan diselenggarakan adalah untuk mempersiapkan putra putri terbaik Barito Utara untuk mengikuti ajang festival Isen Mulang nantinya serta memeriahkan HUT Barito Utara ke 73 dengan jumlah total peserta yaitu sebanyak 1136 orang peserta,” ungkapnya. (isk)