Wabup Kotim Inginkan Biaya Pendaftaran Masuk Sekolah Tidak Memberatkan Siswa

NARDI/ BERITA SAMPIT- Irawati saat menyematkan kartu peserta MPSL di SMP Negeri 3 Sampit 

SAMPIT – Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati ingin sekolah tidak memberatkan orang tua dalam biaya pendaftaran siswa baru.

Irawati menyampaikan bahwa beberapa orang tua datang padanya mengeluhkan biaya pendafataran pendidikan yang besar terkait pendafataran seperti salah satunya pembelian baju seragam.

“Karena bisa saja seragam itu warisan dari kakaknya atau pemberian keluarganya yang masih layak digunakan sehingga jangan diwajibkan membeli dari sekolah,” ucapnya saat menghadiri pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 3 Sampit, Senin 10 Juli 2023.

BACA JUGA:   Tahapan Pilkada Segera Dimulai, Berikut Jadwal Pendaftaran hingga Penetapan Peserta

Lain halnya dengan batik sekolah atau baju olahraga maka memang harus dibeli namun bisa diberikan keringanan seperti dicicil jangan diwajibkan bayar sekaligus bagi yang tidak mampu.

“Dan kami minta agar ada kebijakan bisa dicicil pembayarannya bagi masyarakat yang kurang mampu, karena perekonomian setiap kepala keluarga itu berbeda-beda,” ujarnya.

Jangan sampai pendaftaran masuk sekolah itu memberatkan orang tua siswa, bagi mereka yang keberatan bisa diberikan kemudahan dari sekolah agar tidak menghalangi anak-anak untuk menempuh pendidikan.

BACA JUGA:   Seorang Wanita Ditemukan Tewas Gantung Diri di Desa Pelantaran

Dirinya bersama dengan Halikin memiliki program untuk mencerdaskan anak bangsa jangan sampai putus sekolah kurangnya biaya, siap membantu siswa yang tidak mampu secara ekonomi untuk sekolah.

“Jika ada siswa-siswi yang tidak mampu hingga tidak sekolah silakah datang, kami siap membantu jangan sampai putus sekolah,” pungkas Irawati. (Nardi)