Gedung PAUD Paradise Kondisinya Memprihatinkan

NAIN/BERITA SAMPIT - Tampak Bangun PAUD Paradise yang kondisinya memprihatinkan bagi anak - anak usia dini. Terlihat dindinganya sudah banyak retak.

BIMA – Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Paradise Desa Parado Wane Kecamatan Parado Propinsi NTB, sejak beberapa tahun terakhir menghadapi tantangan serius dalam hal kondisi fisik yang begitu memprihatinkan. Gedung PAUD yang sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun tersebut mengalami kerusakan yang signifikan dan perlu segera diperbaiki.

Kondisi gedung yang memprihatinkan tersebut terlihat dari atap yang bocor di beberapa ruangan, dinding yang retak, dan lantai yang rusak di beberapa area. Hal ini menciptakan lingkungan yang tidak aman dan tidak kondusif bagi anak-anak yang belajar.

Selain masalah fisik, gedung PAUD Paradise  juga menghadapi permasalahan lain seperti kurangnya ruang kelas dan fasilitas sanitasi yang tidak memadai. Semua itu mempengaruhi proses belajar mengajar yang seharusnya berlangsung optimal dan menyenangkan bagi anak-anak.

Kepala PAUD Paradise Asiah,mengatakan keprihatinannya terhadap kondisi gedung tersebut. Ia menjelaskan bahwa gedung PAUD yang baik dan aman merupakan hak dasar bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

“Mengingat lembaga PAUD adalah salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran penting di dalam membangun dan membentuk dasar pendidikan anak usia dini. Oleh demikian sudah seharusnya kita semua bersatu untuk memberikan perhatian dan tindakan nyata dalam memperbaiki gedung ini agar anak-anak dapat menjalani dan menikmati kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan optimal ” Ungkapnya pada Rabu 23 Agustus 2023

Menyikapi situasi tersebut, ia melanjutkan, beberapa langkah telah diambil oleh pihaknya dalam mewujudkan kenyamanan dalam kegiatan KBM bagi anak – anak.

“Sebelumnya kita sudah mengajukan permohonan bantuan kepada pihak terkait, seperti pemerintah daerah kabupaten bima, lembaga swadaya masyarakat maupun donatur. Namun, hingga sejauh ini upaya tersebut belum ada respons dan membuahkan hasil yang memadai,” jelasnya

Di tengah tantangan yang dihadapi, Asiah juga mengajak seluruh komponen masyarakat Kecamatan Parado untuk peduli dan berpartisipasi dalam upaya perbaikan gedung tersebut.

“Semoga dengan adanya perhatian dan kerjasama dari berbagai pihak, gedung PAUD Paradise dapat segera diperbaiki dan menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak dalam menjalani proses belajar maupun bermain, sehingga dapat tumbuh kembang dengan baik. Setiap kontribusi yang kita berikan maka akan memberikan dampak positif bagi generasi penerus bangsa Indonesia,” bebernya (Nain)