Ketua DPRD Berharap Potensi PAD Dimaksimalkan Untuk Kemajuan Bartim

REDHA/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kabupaten Bartim, Nur Sulistio.

TAMIANG LAYANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Nur Sulistio memaparkan perkembangan Bartim saat ini memerlukan arahan Penjabat (Pj) Bupati Bartim, Indra Gunawan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Berbicara masalah pembangunan tentu ini adalah sektor yang membutuhkan biaya dan anggaran. Oleh karena itu kita sangat terbatas untuk biaya dari DAU atau DAK, oleh sebab itu kami memberi sebuah masukan dan kami juga memohon bimbingan kerjasama dorongan dari Penjabat Bupati sama-sama untuk memaksimalkan potensi yang bisa mengangkat pendapat asli daerah,” katanya, Selasa 26 September 2023.

Nur Sulistio optimistis ketika PAD mengalami peningkatan itu lebih mudah untuk membangun suatu daerah hingga tingkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten yang bersemboyan Gumi Jari Janang Kalalawa.

“Potensi PAD itu yang kita dorong kalau kita sudah mendapatkan pendapatan yang cukup dan memadai tentu untuk membangun dan kesejahteraan lebih mudah jika memiliki dana sendiri,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran mengingat saat para Penjabat Bupati dilantik bahwa ada amanah yang harus dilakukan untuk membangun daerah khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito memiliki peluang penguatan ekonomi karena Ibu Kota Negara (IKN) sudah terbangun 40 persen dan diharapkan planning tersusun dengan baik bersama Penjabat Bupati Bartim, Barito Utara, Barito Selatan, dan Murung Raya.

“Bagi Penjabat Bupati sesuai mandat yang diberikan selama satu tahun itu akan dievaluasi kinerjanya dalam tiga bulan, saya berharap Penjabat Bupati di DAS Barito bisa duduk bersama karena itu akan menjadi kekuatan ekonomi baru melihat peluang IKN sudah dibangun 40 persen, saya selaku Gubernur Kalteng ini sangat penting, tolong dibuat perencanaan secara matang,” tegasnya. (Redha)