Ketua DPRD Bartim Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan saat Kabut Asap

REDHA/BERITASAMPIT - Ketua DPRD Bartim, Nur Sulistio bersama Sekda Bartim, Panahan Moetar. 

TAMIANG LAYANG – Ketua DPRD Barito Timur (Bartim), Nur Sulistio memberikan imbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini disampaikan mengingat beberapa hari ini sebagian wilayah Bartim ditutup kabut asap.

“Kepada orang tua untuk anak-anaknya yang masih kecil agar mengingatkan kurangi aktivitas di luar yang sifatnya tidak perlu keluar rumah,” tuturnya, Senin 2 Oktober 2023.

“Walaupun asap hanya ada di titik-titik tertentu ada yang tipis dan ada yang tebal sementara ini jaga kesehatan,” sambungnya.

Nur Sulistio meneruskan surat edaran dari Penjabat (Pj) Bupati Nomor : 443,1/1242/DINKES.2023 tentang maraknya kabut asap di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten terdampak khususnya wilayah Kabupaten Bartim walaupun sampai saat ini belum ada peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) berdasarkan laporan Surveilans Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR), namun perlu meningkatkan kewaspadaan dini.

“Saat ini wilayah Bartim masih dalam kondisi kemarau panjang ini mungkin saat ini di penghujung musim kemarau, namun tetap jaga lingkungan dan alam kita. Untuk saat ini agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar walaupun membakar sampah di lingkungan rumah tetap terus waspada dan hati-hati,” ujarnya.

Apabila potensi kabut asap semakin parah, menurutnya dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan, pendidikan, pekerjaan dan perekonomian masyarakat.

“Dampak buruk dari asap ini anak anak libur sekolah, pekerjaan bisa saja ada perubahan atau bisa bekerja di rumah lagi, bisa mengganggu ekonomi,” tuturnya.

(Redha)