Asap Karhutla Masih Tipis di Kabupaten Kobar, Waket I DPRD Kobar Mulyadin Tetap Mengapresisai Kinerja Satgas

MAN/BERITA SAMPIT - Ilustrasi  Waket I DPRD Mulyadin,SH dengan sejumlah dokumen Satgas  Karhutla Kab. Kobar yang tahun lalu sampai sekarang tak pernah kenal lelah terus berupaya memadamkan api bila terjadi kebakaran.

PANGKALAN BUN – Beberapa Kabupaten di Provinsi Kalteng termasuk di Kota Palangka Raya, asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kondisinya sudah cukup memprihatinkan.

“Alhamdulillah kalau di wilayah Kabupaten Kobar, asapnya Nampak masih tipis tidak separah di kabupaten lain di Kalteng. Namun walaupun baru muncul asap tipis akibat karhutla, saya tetap mengapresiasi kinerja satgas Penanggulangan Karhutla di Kobar yang siang malam tanpa lelah, terus berupaya melakukan pemadaman api dibeberapa titik api yang membakar lahan,“ kata Wakil Ketua I DPRD Kobar Mulyadin SH, usai mengkuti Sidang Paripurna, Kamis 5 Oktober 2023.

Menurut Mulyadin, petugas Penanggulangan Bencana Alam, khususnya penanggulangan karhutla betul-betul dengan cara ‘berjibaku’, berani menerobos kobaran api.

“Tentunya upaya satgas karhutla tersebut patut kita semua apresiasi,“ ujar Mulyadin.

Dijelaskan Mulyadin, salah satu upaya pencegahan karhutla yang bisa dilakukan jajaran anggota dewan (DPRD) sudah sejak lama telah memberi himbauan kesemua pihak khususnya masyarakat diperdesaan dengan tidak melakukan pembakaran, kalau bermaksud membersihkan lahan yang bakal digunakan untuk kebun bercocok tanam.

“Apa lagi saat ini nampaknya kemarau cukup panjang, hingga lahan jadi kering, maka api sekecil apapun masuk kelahan kering kemudian tertiup angin kencang bisa berpotensi membesar akibatnya terjadilah karhutla,“ kata Mulyadin.

Kasus karhutla beberapa tahun yang lalu di Kobar sempat terjadi sangat memprihatinkan.

“Harapan saya, tentunya kasus karhutla tahun lalu itu jangan sampai terulang kembali. Jadi agar karhutla di Kobar tidak separah tahun lalu, mari kita semua dukung kinerja Satgas Karhutla,“ pungkas Mulyadi. (Man)