Dampak Kabut Asap, Dewan Minta Fasilitas Kesehatan Terus Disiagakan

IST/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo.

PALANGKA RAYA- Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo meminta seluruh fasilitas kesehatan di kota setempat untuk tetap disiagakan mengingat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menyelimuti Kota Palangka Raya.

“Selama ini kabut asap yang terjadi telah membuat kualitas udara menjadi tidak sehat, dan ini tentu sangat membahayakan. Oleh karena itu fasilitas kesehatan seperti puskesmas, harus siaga dan siap memberi pelayanan kepada masyarakat,” katanya belum lama ini.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Sigit melanjutkan, menurunnya kualitas udara akibat kabut asap, sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Terutama pada kelompok rentan seperti lansia, balita dan anak-anak.

Maka dari itu penting untuk diperhatikan oleh seluruh puskesmas dan rumah sakit terkait kemungkinan lonjakan penderita ISPA dan beberapa penyakit lainnya, yang menyebabkan masyarakat harus mendapat pelayanan di fasilitas kesehatan.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Ini perlu siaga terkait kemungkinan masyarakat yang terpapar ISPA. Langkah lain mungkin bisa membagikan masker gratis sebagai edukasi menjaga kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Selebihnya Sigit meminta masyarakat untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Jika mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. (Syauqi)