Bapera Barut Ajak Generasi Z Tingkat Pemahaman Pemilu dan Berkompetisi Damai di Media Sosial

IST/Pengurus DPD Bapera Barut usai menggelar talk show dengan tema pemilu di era gen z kompetisi damai di media sosial.

MUARA TEWEH – DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Barito Utara mengadakan talk show untuk meningkat pemahaman dan kesadaran pemuda atau yang disebut “Gen z” untuk berkompetisi damai di media sosial dalam pemilihan umum Tahun 2024.

Gen z merupakan generasi yang lahir di era digital yang tumbuh dengan smartphone, media sosial dan internet yang umumnya belum pengetahuan politik atau kepemiluan. Untuk itu, Bapera sebagai Oraganisasi kepemudaan hadir mengadakan talk show dengan tema “Pemilu di era gen z kompetisi damai di media sosial,”.

“Tujuan adanya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam hal pemilu yang akan kita laksanakan tidak lama lagi khususnya untuk rekan rekan generasi z yang mayoritas adalah pemilih baru,” ujar Ketua Panitia, Wardatun Nur Jamilah, Kamis 7 Desember 2023.

Kegiatan yang laksanakan dilaksanakan pada Rabu 6 Desember 2023 yang diisi oleh sejumlah narasumber yang kompeten yang diikuti oleh kalangan organisasi kepemudaan (OKP), ormas, mahasiswa, pelajaran dan sejumlah undangan setempat.

Wardatun berharap dengan adanya kegiatan ini semakin semakin menumbuhkan kepedulian kesadaran akan peran gen z ini. kelompok pemilih ini digadang-gadang akan menjadi faktor penentu dalam perubahan politik yang akan digelar 14 februari mendatang.

“Harapan kami dengan diadakannya acara ini akan semakin menambah rasa kepedulian dan kesadaran akan betapa pentingnya peran serta kita sebagai warga Negara yang mempunyai hak pilih serta bagaimana kita bisa lebih bijak menggunakan media sosial terkhusus dalam konteks pemilu,” lanjutnya.

Data yang diterbitkan oleh KPU RI yang menunjukkan pemilih muda mendominasi jumlah pemilih dengan angka sebesar 204.807.222 jiwa atau 52 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

(Ibra)