BPBD Normalisasi Drainase, Dewan Harap Bisa Dicontoh Masyarakat

SYAUQI/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Kota Palangka Raya HM Khemal Nasery.

PALANGKA RAYA – Beberapa waktu yang lalu, BPBD Kota Palangka Raya bersama instansi terkait melakukan normalisasi drainase di wilayah kota setempat, Langkah tersebut untuk mencegah terjadinya banjir di lingkungan masyarakat.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kota Palangka Raya HM Khemal Nasery berharap, masyarakat kota setempat bisa mencontoh kegiatan tersebut di lingkungan masing-masing.

“Apa yang dilakukan instansi itu mudah-mudahan dapat dijadikan contoh bagi seluruh lapisan masyarakat kota Palangka Raya,” ujar Khemal, Sabtu 9 Desember 2023.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Menurut Khemal, normalisasi drainase tidak hanya tanggung jawab dari BPBD dan pemerintah daerah. Namun, Masyarakat juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kebersihan saluran air dan drainase yang ada di lingkungan masing-masing.

“Dengan menjaga kebersihan saluran air, masyarakat dapat membantu mencegah terjadinya banjir yang dapat merusak properti dan infrastruktur di masyarakat, selain itu dapat menciptakan lingkungan bersih dan asri,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Khemal, normalisasi drainase juga dapat membantu menjaga kesehatan masyarakat, karena lingkungan yang bersih akan mengurangi risiko penyakit yang berasal dari air kotor seperti berkembang biaknya nyamuk DBD.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Mengingat, dengan kebersihan, Kota Palangka Raya mampu meraih penghargaan bergengsi dari Kementrian KLHK yaitu, piala Adipura.

“Apalagi kita ketahui bahwa kota Palangka Raya mendapatkan piala Adipura yang merupakan penghargaan dan suatu kebanggaan bagi kota Palangka Raya yang selama 23 tahun baru di peroleh saat kepemimpinan Fairid Naparin,” tandasnya. (Syauqi).