Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Ketua DPRD Minta Pemkot Lakukan Pasar Penyeimbang

SYAUQI/BERITASAMPIT- Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto meminta pemerintah kota setempat untuk melakukan pasar penyeimbang. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Pemkot harus melakukan penyeimbang, jangan sampai sektor swasta terutama pedagang nakal ini langsung menaikkan harga jadi, kalau kita ada pasar penyimpang dia tidak mungkin berani,” kata Sigit, Kamis 14 Desember 2023.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Sigit Jelaskan, menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru harga bahan kebutuhan pokok di masyarakat cenderung mengalami kenaikan di pasaran.

Untuk mencegah hal itu, kata dia, pemerintah harus melakukan pemetaan wilayah dan mengadakan pasar penyimbang agar bisa dijangkau masyarakat serta mendapatkan kebutuhan pokok yang murah.

“Petakan di masing-masing, wilayah mana saja, saya yakin agen tidak berani menaikkan harga karena ada pasar penyimbang, pasti murah di sana,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Dia meyakini masyarakat akan memilih kebutuhan pokok di pasar penyimbang yang notabennya harga yang murah dan dapat dijangkau.

“Masalah pasti nanya ke situ kok akhirnya yang menaikkan harga atau pedagang nakal akan tenggelam,” pungkasnya.

(Syauqi)