Diperkirakan Lima Juta Peziarah Hadiri Haul Guru Sekumpul ke-19

REDHA/BERITA SAMPIT - Peziarah lantunkan do'a kepada Almarhum KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di Sekumpul.

BANJAR – Ribuan peziarah di komplek Ar-Raudhah pada Haul ke 19 Guru Sekumpul atau sering dikenal dengan nama Almarhum Muhammad Zaini bin Abdul Ghani pada tahun ini diperkirakan mencapai lima juta jemaah dari berbagai tempat yang di laksanakan di, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu 14 Januari 2024.

Anggota relawan Haul Guru Sekumpul komplek masjid Kanzul khairat, Fathur menggambarkan tiga juta peziarah menghadiri Haul ke 18 tahun 2023 yang lalu kini diperkirakan mencapai lima juta dari berbagai tempat dan segala persiapan menyambut kedatangan peziarah telah dikerahkan sepenuhnya baik posko istirahat, posko kelancaran lalu lintas, posko kesehatan, posko singgah, posko penginapan, posko terpadu dan posko dapur umum.

“Jika tahun lalu peziarah mencapai tiga juta jemaah dan tahun ini diperkirakan mencapai lima juta peziarah yang hadir dalam acara Haul Guru Sekumpul, seluruh relawan sudah mempersiapkan penyambutan dengan membagi tugas di posko masing-masing yang sudah di kerahkan,” katanya.

Menurut keterangan warga sekitar bahwa penambahan jumlah Peziarah datang dari siang hingga malam selama dua hari terakhir dari jalur Kalimantan Tengah semakin bertambah dan diperkirakan sampai pada sore akan terus meningkat.

“Dari dua hari terakhir jumlah Peziarah terus membludak, dari arah Kalimantan Tengah sampai pada hari ini terus berdatangan,” tuturnya.

Selain itu dalam mempersiapkan posko Syarat dan tata tertib yang dikeluarkan oleh tim induk Sekumpul Martapura tentang posko singgah dan warung gratis tetap selalu berkoordinasi kepada posko induk baik untuk mengurai kemacetan dan pembukaan posko minimal memiliki tempat parkir yang luas, kamar mandi/wc, tempat beristirahat, maupun menyediakan makanan dan minuman guna menyambut baik tamu yang datang.

Informasi sampai pada dini hari tadi peziarah sudah mulai berdatangan dengan jalan kaki dari jalan A. Yani karena posisi padat dan parkir penuh pada bagian terdekat kubah kendaraan bermotor roda dua dan empat sudah tidak dapat masuk.

Peziarah yang datang dari berbagai wilayah dengan menggunakan transportasi darat terlihat beragam seperti mobil bak terbuka atau mobil pick up yang dipenuhi jemaah bersama keluarga maupun teman tetangga yang ingin ikut menghadiri acara Haul, kendaraan roda dua sering berhenti di setiap res area yang disediakan relawan untuk menghilangkan kelelahan selama perjalanan.

Terdapat ratusan relawan membuat posko yang dapat dilihat dari Anjir Kabupaten Kapuas hingga sampai ke Sekumpul untuk menyambut kedatangan tamu yang dominan menyediakan makanan dan minuman. (Redha)