Petani Mengharapkan Dukungan Penuh Dari Pemkab Pulang Pisau

DENNY/BERITA SAMPIT – Yoppy Satriadi, Ketua Komisi II DPRD Pulang Pisau.

PULANG PISAU – Ketua Komisi II DPRD Pulang Pisau, Yoppy Satriadi yang membidangi ekonomi dan keuangan menilai dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten dalam memenuhi kebutuhan petani sangat diharapkan. Semua itu agar sektor pertanian di Pulang Pisau bisa semakin maju dan berkembang.

“Jadi, perhatian Pemerintah harus fokus dan berkesinambungan,” ucapnya, Kamis 18 Januari 2024.

Dirinya berharap Pemerintah setempat dapat serius memperhatikan kebutuhan para petani dan menyalurkan bantuan secara merata. Karena menurutnya hingga saat ini, masih ada beberapa petani di wilayah Bumi Handep Hapakat yang sangat membutuhkan dukungan untuk memenuhi kebutuhan atas pengembangan pertanian, baik seperti bibit, pupuk, alat mesin pertanian, dan lain-lain.

Dijelaskannya, Pulang Pisau sebagai wilayah agraris Kalimantan Tengah dan terpilih menjadi lumbung pangan nasional betul-betul mendapatkan dukungan atau bantuan dari Pemerintah Pusat untuk menyukseskan program ketahanan pangan daerah, sehingga ke depan dapat meminimalisir ketergantungan memenuhi sejumlah kebutuhan daerah dari provinsi lain.

Politisi PDIP Dapil I Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayan Tengah dan Banama Tingang ini juga menambahkan, Pemkab harus dapat melihat peluang dari sektor pertanian yang dikembangkan masyarakat. Pasalnya, potensi itu akan mampu menjadi salah satu ujung tombak untuk memperkuat ketahanan pangan daerah, lebih-lebih untuk Kalteng.

Selain itu, dalam memberikan dukungan pun harus dilakukan secara maksimal, merata dan tepat sasaran. Dukungan pun tidak hanya terkait bibit, pupuk serta alsintan namun juga pelatihan maupun pendampingan perlu juga diberikan.

“Kekuatan daripada ketersediaan pangan akan menjadi bekal bagi daerah kita dalam mempersiapkan segala kemungkinan misalkan krisis pangan global, sehingga kita telah siap menghadapi itu,” tutupnya. (Denny)