Bawaslu Pulpis Gelar Simulasi Pemungutan Suara-Rakor Fasilitasi Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu PKD Jabiren Raya

DENNY/BERITA SAMPIT - Rapat Koordinasi Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu untuk Pengawas Kelurahan / Desa (PKD) Se- Kecamatan Jabiren Raya.

PULANG PISAU – Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) bersama Komisioner Bawaslu dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan perhitungan surat suara pemilih pemula dan Rapat Koordinasi Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu untuk Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se- Kecamatan Jabiren Raya pada Pemilu Serentak Tahun 2024. Acara bertempat di Aula Bapeedalitbang pada, Kamis 1 Februari 2024.

Hadir dalam kegiatan simulasi tersebut yaitu, Pj Bupati Pulang Pisau, Kapolres Pulang Pisau, komisioner Bawaslu pulpis dan tamu undangan yang menyaksikan secara langsung Simulasi serta para petugas PPS dan PPK setempat.

Dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau, Zahrotul Mufidah, S.Pd.I yang juga didampingi oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rendy Meikael Christian, S.Th. mengatakan, Tujuan simulasi ini yaitu memberikan pemahaman kepada pemilih dan pengetahuan kepada PPS dan PPK, juga antisipasi untuk pemetaan pemungutan suara serta dapat mengatasi pada hari pelaksanaan pencoblosan tanggal 14 februari 2024 nanti,” kata Zahrotul Mufidah kepada awak media.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

”Simulasi ini dilaksanakan caranya seperti pemungutan dan penghitungan suara saat tanggal 14 februari 2024 nanti selanjutnya dalam kegiatan ini melibatkan pengawas TPS yang nantinya akan bertugas di lapangan yang akan mengawasi rangkaian kegiatan proses pemungutan suara di TPS. Dengan diselenggarakannya simulasi ini, Bawaslu Pulpis berharap bisa mendapatkan gambaran untuk durasi pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara dari awal hingga selesai. Selain untuk memberikan pemahaman kepada pemilih, kegiatan tersebut juga sebagai komitmen pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk menjamin terselenggaranya Pemilu dengan lancar sesuai dengan asas yang berlaku, ” terang Ketua Bawaslu Pulpis, Zahrotul Mufidah.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Kami berharap dengan adanya simulasi ini kita mendapat gambaran secara reel diseluruh kegiatan di TPS dari awal hingga akhir sehingga berdasarkan itu jajaran pengawas TPS bisa melaksanakan pengawasan secara maksimal.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Pulpis, Zahrotul Mufidah sebagai Nara Sumber pada acara kegiatan Rakor Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di kecamatan Jabiren Raya, menjelaskan agar PKD dan pengawasan TPS di tingkat yang paling bawah agar bisa memahami dan menjalankan tugas di lapangan semaksimal mungkin di desa maupun kelurahan sesuai dengan aturan dan peraturan yang sudah diamanatkan undang undang dan ketentuan pemilu. Rakor ini sudah dilaksanakan di 8 kecamatan semoga kegiatan ini bisa bermanfaat menambah ilmu dan wawasan serta menyamakan persepsi dalam menjalankan tugas dilapangan sesuai dengan aturan-aturan yang ditetapkan agar pemilu nanti berjalan dengan jurdil dan luber,” tukasnya. (Denny)