Dua Petahana Tumbang, DPRD Palangka Raya Dapil I Diisi Empat Wajah Baru

IST/BERITASAMPIT- Hasil perolehan suara caleg DPRD Dapil Palangka Raya II.

PALANGKA RAYA – Empat calon anggota legislatif (Caleg) pendatang baru dari Dapil Palangka Raya I dipastikan akan menduduki kursi DPRD Palangka Raya untuk periode 2024-2029. Empat Caleg pendatang baru ini berhasil menumbangkan dominasi dua Petahana dari dari partai Perindo dan PSI.

Hal itu merujuk dari data yang dihimpun Berita Sampit pada rapat Pleno rekapitulasi suara di tingkat Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di Aquarius Hotel, Sabtu 3 Maret 2024 kemarin.

Dimana Dapil Palangka Raya I meliputi Kecamatan Jekan Raya A yakni Kelurahan Bukit Tunggal, Petuk Katimpun, Kecamatan Bukit Batu dan Rakumpit dengan alokasi 8 kursi.

Kedua petahana tersebut yakni Ruselita dari partai Perindo, Ruselita tak mampu mempertahankan dominasinya di Pemilu tahun ini. Ia hanya mampu mendulang 992 suara.

BACA JUGA:   Personel Itwasda Polda Kalteng Berbagi Takjil kepada Pengendara

Sementara Oktarini dari partai PSI merupakan petahana yang dilantik PAW menggantikan Reja Framika pada 29 November 2023 lalu. Oktariani hanya mampu mendulang 27 suara.

Kedua petahana tersebut berhasil di geser oleh caleg pendatang baru dari partai PKB, Sri Ani Rintuh memperoleh 724 suara, dari partai Gerindra Jati Asmoro memperoleh 824 suara.

Dari partai NasDem ada Rana Muthia Oktari memperoleh 1.103 suara, dari partai Demokrat ada Hatir Satar Tarigan memperoleh 1740 suara.

Dominasi ke empat caleg pendatang baru ini tidak hanya menggeser dua petahana, namun juga menggeser mantan Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Umi Mastikah yang sebelumnya di gadang-gadang bakal bisa merebut satu kursi tersebut hanya memperoleh 554 suara.  Ia kalah telak jumlah suara caleg pendatang baru dari Partai yang sama yakni Hatir Satar Tarigan.

Sementara empat Petahana berhasil berhasil mempertahankan dominasinya antara lain yakni, Sigit Widodo dari PDIP meraih 2.729 suara.

Dua Petahana dari partai Golkar yakni Sudarto dengan perolehan 3.224 suara dan HM Khemal Nasery memperoleh 2.201 suara, dan petahana dari partai PAN Syaufwan Hadi memperoleh 1.256 suara.

Ke delapan caleg dari dapil Palangka Raya I Dipastikan akan duduk di kursi DPRD Palangka Raya periode 2024-2029.

(Syauqi)