Mukhtarudin Apresiasi PT Pertamina Jadi BUMN Kontributor TKDN Terbesar Tahun 2023

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

JAKARTA– Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin memberikan apresiasi kepada PT Pertamina (Persero) menunjukkan komitmen kuatnya dalam memaksimalkan penggunaan barang dan jasa dalam negeri.

“Ya, terkait ini tentu kita apresiasi. Karena saya kira keberhasilan Pertamina terus meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di seluruh lini usahanya,” tutur Mukhtarudin ketika dihubungi Wartawan, Kamis, 7 Maret 2024.

Atas pencapaian luar biasa tersebut Pertamina dianugerahi penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kendati demikian, politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini terus mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk selalu berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa pemerintah.

Mengingat, lanjut Mukhtarudin, upaya yang didukung melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), tersebut diharapkan memperluas pasar produk IKM dalam negeri.

“Hal ini sekaligus memberikan multiplier effect yang besar untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional,” pungkas Mukhtarudin.

BACA JUGA:   Integrasi Tiktok Tokped Untungkan UMKM, Ini Kata Anggota Komisi VI DPR RI

Untuk diketahui, Pertamina Grup menjadi BUMN kontributor TKDN terbesar yang berkontribusi hingga 50% dari total Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) BUMN pada tahun 2023.

Jumlah TKDN Pertamina Grup mencapai Rp374 Triliun dari total jumlah TKDN BUMN tahun 2023 adalah sekitar Rp800 Triliun.

Pencapaian ini membuat Pertamina dianugerahi penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan diterima oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati pada acara Penggunaan Produk Dalam Negeri di The Meru Sanur, Bali, Kamis, 7 Maret 2024.

Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan digitalisasi sertifikasi TKDN yang menjamin proses sertifikasi cepat, akurat, dan akuntabel,” tegas Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan setiap Rp 400 triliun belanja barang dan jasa yang berasal dari Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) akan memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 1,8 persen.

BACA JUGA:   Penting Dibangun Komitmen Kebangsaan Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

“Kami percaya, semua itu bisa membawa multiplier effect dan value added dan akan mengakselerasi program pendalaman dan penyebaran dan pemerataan sektor industri nasional,” ujar Menperin Agus Gumiwang.

Sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Pertamina akan melanjutkan komitmennya untuk terus meningkatkan nilai TKDN di seluruh lini bisnisnya sebagai upaya Pertamina dalam mendorong dan meningkatkan pergerakan ekonomi nasional.

Kata Agus, Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina,” pungkas Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

(adista)