Ini Nama Ketua dan Wakil Ketua Definitif DPRD Palangka Raya 2019-2024?

PALANGKA RAYA-Partai politik (Parpol) yang meraih tiga besar perolehan suara pada Pileg 17 April 2019 lalu untuk DPRD Kota Palangka Raya hingga saat ini belum menentukan siapa kadernya yang duduk di dewan tersebut ditunjuk sebagai Ketua dan Wakil Ketua Defenitif DPRD Kota Palangka Raya, periode 2019-2024.

Dari perolehan suara berdadarkan rapat pleno penetapan oleh KPU Kota Palangka Raya pada 22 Juli 2019 lalu, PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Partai Demokrat berpeluang menadapat paket pimpinan dewan kota.

Menurut Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, berdasarkan tiga besar perolehan suara partai politik di dewan kota, maka secara otomatis pimpinan DPRD Kota Palangka Raya untuk Kursi Ketua dipegang PDI Perjuangan, Wakil Ketua I dipegang Partai Golkar dan Wakil Ketua II dipegang Partai Demokrat.

Terkait pimpinan DPRD Kota Palangka Raya definitif tersebut, Subandi mengatakan, saat ini pimpinan sementara masih menunggu usulan calon Ketua dan Wakil Ketua definutif dari ketiga partai politik tersebut.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Saat ini pimpinan sementara masih menunggu usulan calon Ketua dan Wakil Ketua definitif yang diusulkan oleh Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat,” kata Subandi kepada beritasampit di Palangka Raaya, Senin (2/9/2019).

Lebih lanjut Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, calon pimpinan dewan defenitif tersebut akan disampaikan ke pimpinan sementara dan selanjutnya pimpinan sementara menyampaikan ketiga nama calon pimpinan dewan tersebut ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Surat usulan pimpinan definitif dari ketiga partai, nanti pimpinan sementara akan mengirim ke Gubenur Kalimantan Tengah dan Gubernur mengesahkan, baru ada pelantikan,” jelas Subandi.

Dari pantauan beritasampit, ada sejumlah nama yang berpeluang duduk sebagai pimpinan definitif. Untuk PDI Perjuangan, ada dua nama yang berpeluang, yakni Sigit K Yunianto.

Sigit merupakan mantan Ketua DPRD Kota Palangka Raya periode 2014-2019. Saat ini Sigit dutunjuk sebagai Ketua Sementara dan mendapat amanah dari partai banteng dalam lingkaran moncong putih itu sebagai Skretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Nama lain dari PDI Perjuangan yang berpeluang ditunjuk sebagai Ketua Definitif DPRD Kota Palangka Raya, yaitu Nenie A Lambung. Nenie merupakan peraih suara terbanyak. Selain itu pada periode 2014-2019, Nenie menjabat Ketua Komisi B dan saat ini mendapat amanah sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palangka Raya.

Sedangkan yang duduk sebagai Wakil Ketua I dari Partai Golkar diprediksi akan oleh partai berlambang pohon beringin itu adalah kader senior, yaitu Subandi. Saat ini Subandi ditunjuk sebagai Wakil Ketua Sementara dan dipilih sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Palangka Raya.

Untuk Wakil Ketua II, ditempati Partai Demokrat. Ada tiga nama kader Demokrat yang duduk di DPRD Kota, yakni Junita Ginting, Arthur A Tuwan dan Basirun B Sahepar. Dari tiga nama tersebut, yang paling berpeluang adalah Junita Ginting.

(gra/beritasampit.co.id)