FSQ tingkat Kabupaten Katingan Resmi di Buka, 430 Peserta Ikut Berpartisifasi

PEMBUKAA FSQ KE VI : AR/BS - Bupati Katingan Sakariyas, SE saat menyerahkan piala bergilir kepada Panitia, Jumat (4/10/2019) malam.

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, SE membuka langsung pelaksanaan pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke VI tingkat Kabupaten Katingan di lapangan sepak bola Minum Dehen, Desa Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Jumat (4/10/2019) malam.

Turut hadir Ketua DPRD Katingan, Forum Koordinasi Katingan, Sejumlah Kepala SOPD, Ketua DPW Lasqi Kalteng, Kepala Kemenag Katingan, Ketua NU, Ketua Lasqi Katingan, Ketua LPTQ Katingan, Camat se Katingan, peserta dari 13 kecamatan dan tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Katingan Sakariyas menjelaskan bahwa festival seni qasidah ini selain sebagai momentum mencari duta-duta yang akan dipersiapkan untuk mengikuti festival seni qasidah tingkat provinsi kalimantan tengah nantinya, juga melalui festival seni budaya islam yang melantunkan syair-syair dan lantunan lagu religius yang positif dan edukatif yang memotivasi para remaja sebagai generasi penerus bangsa.

BACA JUGA:   Bupati Sakariyas Lantik 122 Pejabat Eselon III dan IV, Berikut Daftarnya!

Karena hal itu menurutnya festival seni qasidah merupakan sarana penyaring informasi yang merusak moral serta dapat memberikan manfaat bagi generasi muda untuk taat pada ajaran agama, membangun budi pekerti dan akhlak, serta menjadi masyarakat yang islam sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Dengan seni islam kita bentuk generasi yang berakhlatul karimah menuju kabupaten katingan”.

“Saya mengajak para seniman muslim untuk terus mengembangkan seni qasidah agar dapat dijadikan pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis. Untuk itu marilah terus kita tunjukan generasi islam yang damai, ramah dan toleran yang selalu membangun kebersamaan untuk mengatasi berbagai persoalan dengan cara -cara yang sungguh islami,” terang Bupati Sakariyas.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan dan Kejaksaan Negeri Tandatangani MoU di Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Lanjutnya menambahkan, setelah festival seni qasidah ke 6 di tumbang samba, kecamatan Katingan Tengah. Kabupaten Katingan akan mengikuti festival seni qasidah tingkat provinsi Kalimantan Tengah.

“Oleh karena itu saya berharap agar pelaksanaan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, dan dapat diikuti sunguh-sunguh oleh pesertanya, sehingga dapat menghasilkan juara-juara terbaik nantinya pada setiap cabang yang dilombakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia FSQ ke VI tingkat Kabupaten Katingan, Rudi Hartono melaporkan kegiatan FSQ diikuti peserta dan official sebanyak 430 orang yang berasal dari 13 kecamatan.

“Cabang-cabang yang dilombakan adalah Qasidah Klasik Remaja, Seni Hadrah, Bintang Vocalis Anak, Bintang Vocalis Remaja, Bintang Vocalis Dewasa, dan Seni Fashion show Islami Benang Bintik,” singkatnya.

(ar/beritasampit.)