Semangat Perkokoh Persatuan dan Regenerasi dari Kabinet Indonesia Maju

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Saat Menghadiri Pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu, (23/10/2019). Dok: Istimewa

JAKARTA— Kabinet Indonesia Maju dinilai telah memancarkan semangat memperkokoh persatuan dimana dengan terpilihnya sejumlah menteri muda tersebut lebih merefleksikan regenerasi kepemimpinan masa depan Indonesia, agar mampu menanggapi perubahan zaman.

Hal itu disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Rabu, (23/10/2019). Dia mengapresiasi kearifan Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Maruf Amin dalam membentuk formasi Kabinet Indonesia Maju pada periode lima tahun kedepannya.

Untuk itu, politikus Golkar berharap kabinet baru periode 2019-2024 lebih produktif. Bamsoet bilang sosok menteri pilihan Jokowi dalam kabinet Indonesia Maju memang belum tentu bisa memuaskan semua pihak.

BACA JUGA:   Polri Siap Amankan Rumah Kosong Saat Periode Mudik Lebaran 2024

“Namun menurut saya mata hati dan pikiran yang jernih kita bisa melihat dan memahami bahwa Presiden Jokowi sangat mengutamakan kerja merawat kebhinekaan dan memperkokoh persatuan,” imbuhnya.

Kata Bamsoet, melalui kabinet baru baru itu duet pemimpin Jokowi-Maruf juga mempersiapkan regenerasi kepemimpinan. Kesan tersebut setidaknya bisa dibaca dari penunjukan orang-orang muda seperti Bahlil Lahadalia, Nadiem Makarim, Erick Thohir hingga Wishnutama untuk menerima jabatan menteri atau setingkat menteri.

BACA JUGA:   Integrasi Tiktok Tokped Untungkan UMKM, Ini Kata Anggota Komisi VI DPR RI

“Semangat merawat kebhinekaan dan regenerasi kepemimpinan terpancar kuat dari formasi kabinet baru ini. Persoalan berikutnya adalah produktivitas. MPR berharap para menteri baru fokus dan produktif pada bidang tugasnya masing-masing. “Kepada semua anggota Kabinet Indonesia Maju, Selamat Bekerja,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)