Toni Yosepta Dukung Pembangunan Jalan Banut Kalanaman – Telok

PEMBANGUNAN JALAN : IST/BS - Anggota DPRD Katingan Toni Yosepta

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Toni Yosepta, sangat mendukung rencana Bupati Katingan Sakariyas, untuk melanjutkan pembangunan ruas jalan dari Desa Banut Kalanaman Kecamatan Katingan Hilir menuju Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah.

Karena, menurut Toni Yosepta dengan dibangunnya ruas jalan tersebut yang akan menikmati jalan bukan hanya masyarakat di wilayah kecamatan Katingan Hilir dan di desa Telok saja. Akan tetapi ada belasan desa dan wilayah kecamatan lainnya yang sebelumnya merasa terisolasi, kemudian dapat terbuka.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Gerakan Pangan Murah Bulog Kanwil Kalteng

“Sehingga, ribuan penduduk di belasan desa lainnya bukan hanya terbuka dari sisi keterisolasian saja tapi dari sisi ekonomi, masyarakat ikut meningkat pula,” terang Toni Yosepta kepada sejumlah wartawan, pada Rabu 15 Januari 2020.

Adapun panjang ruas jalan yang rencananya akan dibangun dari desa Banut Kalanaman menuju desa Telok kecamatan Katingan Tengah tersebut menurutnya diperkirakan antara 40 Km hingga 50 Km.

“Kalau bisa dianggarkan secepatnya. Sehingga, masyarakat setempat dapat pula menikmatinya dengan cepat,“ sarannya.

Dengan dilanjutkannya pembangunan ruas jalan tersebut menurutnya, akan ada dua jalan alternatif dari kecamatan Katingan Hilir menuju wilayah kecamatan Katingan Tengah yaitu selama ini hanya melalui jalan Depag atau jalan Soekarno Hatta Kota Kasongan saja.

BACA JUGA:   Petugas Pemilu KPU dan Bawaslu di Katingan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Tapi dengan dibangunnya ruas jalan dari desa Banut Kalanaman nantinya, maka masyarakat di desa Banut Kalanaman, desa Telangkah dan desa Hampalit tidal lagi melewati jalan Depag tapi cukup melewati jalan dari desa Banut Kalanaman saja.

“Dengan demikian, disamping waktunya lebih cepat, biaya transportasinya pun lebih murah,“ pungkasnya.

(nas/beritasampit.co.id)