Desa Lembeng Miliki Mesin Penggilingan Padi Modern

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran ( baju putih) bersama Bupati Barsel H.Eddy Raya Samsuri ST beserta Unsur Forkopimda Barsel, saat melakukan penanaman padi.

BUNTOK – Para petani yang ada di Desa Lembeng Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) patut berbangga, sebab telah memiliki mesin Penggilingan Padi Modern atau Rice Milling Unit (RMU) yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Hal tersebut, merupakan bentuk perhatian Pemprov Kalteng kepada para petani yang ada di Desa Lembeng Kabupaten Barsel,”kata Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri usai acara Peresmian RMU di Desa Lembeng. Kamis, 23 Januari 2020.

Dikatakan Eddy Raya Samsuri, dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng hanya empat kabupaten saja yang diberikan RMU tersebut salah satunya adalah Kabupaten Barsel yang menerima mesin penggilingan padi modern itu.

BACA JUGA:   Penutupan Jembatan Mentaya, Ini Penjelasan Dinas Perhubungan

Bupati mengucapkan, terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dengan memberikan mesin penggilingan padi modern ini.

“Semoga menjadi berkah, bagi para petani dan ini juga merupakan suatu berkah bagi Kabupaten yang bertajuk Bumi Dahanai Dahanai Tuntung Tulus Yang Kita Cintai Bersama ini,” jelas Eddy Raya Samsuri.

BACA JUGA:   H Sugianto Sabran, Menjadi Sosok Inspiratif Pelajar di Kalteng

Lebih lanjut orang nomor satu di Barsel ini menambahkan, untuk luasan tanam padi terutama di Kecamatan Dusel hingga bulan Maret 2020 mendatang diprediksi mencapai 1.080 hektarare.

“Dimana, dengan luasan tanam tersebut diharapkan Kabupaten Barsel dapat menjadi salah satu daerah swasembada beras,”harapnya.

“Terlebih lagi lanjutnya, dengan diserahkannya satu unit RMU Modern ini sejatinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani dalam rangkan untuk mendukung pengolahan gabah menjadi beras,”tukas Eddy Raya Samsuri.

(ded/beritasampit)