Rebut Kursi 01, Ini Profil Empat Caketum DPP PAN

Shp/BS - Hatta Rajasa, Zulkifli Hasan dan para petinggi PAN di acara Kongres V PAN Kota Kendari.

Laporan: Saleh Purwanto
(Kendari, Sulawesi Tenggara)

KENDARI – Kongres sudah dimulai Selasa, 11 Februari 2020 pukul 09.00, di Ballrom Hotel Claro Kota Kendari, Sulawesi Tenggara secara tertutup. Ada empat kandidat Calon Ketua Umum (Caketum) yang mendaftar untuk bersaing merebut kursi pimpinan tertinggi PAN lima tahun kedepan.

Dari empat calon tersebut masih belum diketahui secara pasti calon yang dominan dan berpeluang menang. Masing-masing calon pun saling menyatakan klaim didukung oleh para voter sebanyak 590 suara.

Namun perlu diketahui profil masing-masing Caketum PAN periode 2020-2025 tersebut:

1. Zulkifli Hasan

Manta Menteri Kehutanan tahun 2009-2014, Mantan Ketua MPR RI periode 2014-2019, Ketua Umum PAN saat ini periode 2015-2020 hasil kongres IV di Bali. Pada kala itu, ia bersaiang dengan Hatta Rajasa Ketua Umum sebelumnya periode 2010-2015.

BACA JUGA:   Teras Narang: Perubahan atas Undang-undang Paten merupakan Keniscayaan

Dan Zulkifli Menang tipis, dari petahana tersebut. Arus perubahan waktu itu kuat, dan Amien Rais juga ada di kubu Zulhas kala itu. Kini ia maju lagi, untuk merebut kembali kursi Ketua Umumnya.

2. Mulfachri Harahap

Mantan Ketua Fraksi PAN DPR RI periode sebelumnya, di unsur DPP PAN merupakan Wakil Ketua Umum. Ia juga maju untuk menjadi Ketua Umum DPP PAN periode 2020-2025, dan langsung menggandeng Hanafi Rais untuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Dengan menggandeng Hanafi Rais maka, sudah pasti Amien Rais mendukung kubu Mulfachri-Hanafi. Sementara Hanafi disamping Ketua KPPN di DPP juga menjadi Ketua Fraksi PAN DPR-RI periode ini.

3. Asman Abur

Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi era Presiden Jokowi sebelumnya, pada Kongres V kali ini memutuskan maju merebut kursi 01 DPP PAN.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Dorong Percepatan Pengembangan Kendaraan Listrik di Tanah Air

Mengaku didukung oleh para voter, ia yakin dapat bersaing merebut tampuk kursi kepemimpinan tertinggi PAN itu. Dan mengaku juga sudah sowan baik ke Amien Rais dan Hatta Rajasa, yang tampaknya nempel dengannya.

4. Drajad Wibowo

Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN ini, juga memutuskan maju untuk bersaing dengan kandidat lainya. Drajad merupakan Ekonomi ONDEF itu yakin, ia dapat dukungan mayoritas voter.

Mantan ketua Dewan Informasi Strategi Kebijakan (DISK) pada Badan Intelijen Negara (BIN) itu, juga tetap maju bersaing dengan ketiga rivalnya. Dan berjanji akan membenahi PAN dalam strategi keuangan, jika ia terpilih.

Nah itu profil masing-masing kandidat, dan hari ini pertarungan dimulai dengan pengawalan sangat ketat dan tertutup dari para simpatisan maupun awak media.

(Shp/beritasampit.co.id)