Kepala Kantor Kemenag Pulang Pisau Lakukan Sertijab Ketua Unit Pengumpul Zakat

PENYERAHAN SK : IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Kementerian Agama Pulang Pisau, H Masrani (kedua dari kanan) menyerahkan SK Ketua Unit Pengumpul Zakat kepada M. Riduan Sardani (baju merah), Rabu 29 April 2020.

PULANG PISAU – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Rabu 29 April 2020 di ruang kerja Kepala Kantor Kemenag, H Masrani.

Sertijab tersebut dilakukan secara langsung oleh Kepala Kantor Kemenag, H Masrani didampingi Kasubbag TU, Khairani dari Ketua UPZ yang lama Hadriansyah kepada Ketua UPZ yang baru M. Riduan Sardani.

Kasubbag TU, Khairani mengatakan pergantian Ketua UPZ Kemenag tersebut karena beberapa waktu yang lalu terjadi rotasi pejabat Penyelenggara Zakat Wakaf di Kantor Kemenag Pulang Pisau yang notabenenya sesuai peraturan Menteri Agama bertindak sebagai Ketua UPZ Kemenag.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Dilain kesempatan, H Masrani dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa UPZ adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu pengumpulan zakat yang dinaungi oleh Kemenag.

Tugasnya adalah membantu BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau untuk mengumpulkan dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS ) dari berbagai pihak. Selain itu, melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan.

Menyusun Rencana Kerja Anggaran Tahunan untuk program pengumpulan dan tugas pembantuan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau.

Sejauh ini, UPZ Kabupaten Pulang Pisau telah melakukan berbagai pengumpulan zakat dan menyalurkannya setiap tahun saat menjelang hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

“Zakat ASN dibawah naungan Kantor Kemenag pun ditampung melalui UPZ, dan penyalurannya selalu dilakukan setiap tahunnya, Alhamdulillah untuk tahun ini beberapa waktu lalu diawal Ramadan kemarin UPZ telah menyalurkan zakat kepada para mustahiq yang berhak menerima sebanyak 120 paket secara langsung kerumah-rumah warga yang menerimanya, penyaluran ini dilakukan lebih awal mengingat wabah Covid-19,” Ujar H Masrani.

Ia berharap dengan adanya UPZ yang dinaungi Kantor Kemenag ini dapat memberikan manfaat dan menyalurkan zakat secara amanah dan melalui Sertijab Ketua yang baru ini dapat memberi semangat baru dalam pengumpulan zakat di Kabupaten Pulang Pisau. (Ahd/beritasampit.co.id).